nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kelakuan Aneh saat Tidur, Adakah Artinya?

Amanda Rahma, Jurnalis · Senin 01 April 2019 19:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 01 196 2037837 6-kelakuan-aneh-saat-tidur-adakah-artinya-mcsYR9DvvQ.jpg Ilustrasi Tidur. (Foto: Homebt)

TIDUR merupakan suatu kegiatan yang masih misterius dan menjadi pertanyaan besar bahkan bagi para ilmuwan. Banyak Hal-hal aneh terjadi saat Anda tertidur, mulai dari hal menakutkan sampai unik.

Ketika ketakutan pada malam hari membuat anda bermimpi buruk sampai dada anda terasa sesak, Anda tahu kalau Anda sedang mengalami mimpi yang menakutkan.

Dilansir dari Ranker, beberapa hal yang terjadi di malam hari memiliki penjelasan ilmiah tapi ada juga yang tidak dapat dijelaskan dengan nalar kita. Lantas, dari perspektif ilmiah dengan fakta-fakta tidur aneh, apa sebenarnya mimpi itu?

Baca Juga: 5 Gaya Penampilan Atries Angel, Pacar Baru Chef Juna yang Seksi

Flying dream

Pernahkah Anda bermimpi tiba-tiba melayang atau lengan Anda berubah menjadi sayap. Banyak yang mengalami "mimpi terbang" ini telah menikmati banyak petualangan, sehingga mereka mencoba secara paksa mengalami “mimpi terbang” lagi.

Dalam artikel Huffington Post tentang topik tersebut, psikoterapis Jeffrey menjelaskan bahwa “mimpi terbang” sering kali merupakan sarana untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari Anda. Tanah mewakili sisi keras realitas. Ini melambangkan hambatan dan harapan.

Dalam mimpinya, orang menemukan kebebasan dengan melayang di atas tekanan yang dia alami sehari-hari dan seperti melakukan perjalanan yang nyata melewati awan.

Berbicara saat tidur

Apakah Anda menghabiskan malam dengan mengoceh cerita konyol yang tidak Anda ingat di pagi hari? Pernahkah pasangan mengeluh tentang Anda berbicara pada saat sedang tidur, atau lebih buruk lagi, menceritakan rahasia paling berharga milik Anda? Jika demikian, Anda menderita somniloquy.

Monolog tidur yang diucapkan dengan keras sering kali merupakan cermin dari hal-hal yang terjadi dalam mimpi, membuat beberapa pembicaraan yang tidak masuk akal. Jadi, apakah hal-hal yang diucapkan seseorang saat tidur benar? Tidak ada yang benar-benar tahu pasti.

Baca Juga: Tampilan Semok Uut Selly, Ngetes Iman Para Pria Nih!

Lumpuh dalam kondisi tidur

Apakah Anda pernah bangun tidur dan mendapati diri Anda tidak bisa bergerak? Apakah hampir seolah-olah sesuatu sedang duduk di atas Anda? Kelumpuhan tidur, demikian kondisi ini disebut, memiliki beberapa penjelasan medis, tetapi banyak yang percaya itu merupakan kejadian mistis.

Para ilmuwan telah menjelaskan bahwa kelumpuhan tidur terjadi ketika tubuh Anda mengalami perubahan jadwal tidur atau obat-obatan. Tentu saja, ada juga yang percaya bahwa jin jahat malam, duduk di atas dada Anda.

Mengalami mimpi buruk

Anda belum sepenuhnya tidur tapi Anda sudah bermimpi. Ini dikenal oleh komunitas psikologis sebagai hipnagogia, yaitu segala macam kejadian mulai dari halusinasi hingga bermimpi menakutkan seperti keluar dari dalam tubuh.

Jika Anda merasakan sensasi yang mengerikan, Anda mungkin hanya mengalami transisi yang kasar. Sementara kasus-kasus hipnagogia yang ekstrem yaitu orang tersebut sadar akan pemandangan dan suara-suara dari alam bawah sadar Anda sehingga membuatnya lebih peka.

Exploding Head Syndrome

Apakah Anda pernah terbangun karena suara yang terdengar nyaring? Jika demikian, Anda mungkin hanya menderita exploding head syndrome, gangguan tidur yang menyerang 10 persen dari populasi terutama wanita yang berusia di atas 50 tahun akan mengalami situasi ini.

Spekulasi ilmiah mengatakan stres hingga gangguan pensinyalan kalsium dan lainnya sebagai penjelasan yang mungkin untuk fenomena ini. Tidak ada yang benar-benar tahu pasti, tetapi jika situasi tersebut akan mengganggu tidur Anda setiap harinya, tersedia perawatan yang mungkin bisa membantu.

Free-Running Syndrome

Apakah siklus tidur Anda membuat kehidupan Anda menjadi terganggu? Apakah Anda mengantuk di siang hari dan mengalami insomnia di malam hari? Jika itu terdengar seperti Anda, mungkin free-running circadian sleep disorder’s membuat Anda kesal.

Orang dengan sindrom aneh ini tampaknya tidak dapat mengatur waktu tidur seperti masyarakat pada umumnya. Sindrom ini terjadi sangat tinggi pada populasi tunanetra. Untungnya, sindrom ini dapat diobati dengan perawatan medis yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini