nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teh Daun Kelor Baik untuk Kesehatan

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Senin 01 April 2019 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 01 298 2037834 teh-daun-kelor-baik-untuk-kesehatan-LNmIYnikOw.jpg Teh daun kelor baik untuk kesehatan (Foto:Istimewa)

DAUN kelor seringkali disangkutpautkan pada hal-hal mistis. Padahal, tanaman ini justru menyimpan ‘sejuta’ nutrisi di dalamnya.

Dosen Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Ines Septi Arsiningtyas PhD Apt mengatakan, kandungan nutrisi pada kelor sangatlah tinggi. Sehingga tumbuhan kelor sebenarnya sangat baik dikonsumsi keluarga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

“Kelor ini nutrisinya sangat tinggi. Bagus banget dikonsumsi keluarga. Di luar negeri banyak yang menggunakannya, sayang kalau di Indonesia kelor justru disangkut-sangkutin sama mistis atau malah dipakai pakan kambing,” ujarnya kepada KRJOGJA.com beberapa waktu lalu.

Selain manfaatnya yang luar biasa, pengolahan kelor juga sangat lah mudah. Daun kelor dapat dikonsumsi secara langsung dengan mencampurkannya ke masakan sop.

Baca Juga:

Bergaya dengan Gaun Transparan, Kylie Jenner Gak Pakai Underwear!

Viral Curhatan Pria Simpan Uang Diam-Diam karena Istri Tukang Belanja, Ending-nya Plot Twist Banget

“Kelor itu boleh di sop secara langsung,” tegasnya.

 

Selain itu, kelor juga dapat dinikmati sebagai minuman teh. Caranya ialah dengan melayukan daun kelor terlebih dahulu. Jangan panaskan di bawah terik matahari langsung, tetapi cukup dijemur di bawah atap.

Hasilnya, daun kelor pun akan layu dengan baik, bukan kering layaknya keripik. Kala hasilnya bagus seperti ini pula lah daun kelor dapat dikonsumsi. Selain itu, penyimpanannanya akan lebih lama.

“Tidak boleh terpapar sinar matahari langsung, dilayukan saja di bawah atap,” pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini