nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Aneka Kebab Lezat Langsung dari Turki

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 01 April 2019 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 01 298 2037914 menjajal-aneka-kebab-lezat-langsung-dari-turki-Yp3P5fZH1l.jpg Menjajal kelezatan aneka kebab langsung di Turki (Foto: Youtube)

TAK hanya wisata bersejarah dan wisata salju, Turki juga dikenal dengan wisata kulinernya. Kebab, roti pide dan turkish delight menjadi beberapa sajian ikonik khas Turki yang patut dicoba.

KORAN SINDO berkesempatan untuk mengunjungi Turki dan menikmati berbagai hidangan ikonik negeri dua benua tersebut. Hidangan ikonik yang tak boleh dilewatkan tentu saja kebab . Di Turki, ada banyak jenis kebab, namun tiga yang paling populer, yakni doner kebab, iskander kebab, dan shish kebab.

Menurut pemandu wisata asal Turki, Tugrul Turnali, doner kebab adalah jenis kebab yang paling populer dan disajikan dalam roti pita atau tortilla.

BACA JUGA : Viral Barbie Kekar dari Korea Selatan, Awas Jangan Macam-Macam Sama Dia!

“Selain digulung dan dibungkus aluminium foil, doner kebab juga bisa disajikan seperti burger ,” ujar laki-laki yang akrab disapa Tugrul ini saat ditemui di Istanbul, Turki, Kamis (21/3).

Berbeda dengan doner kebab yang penyajiannya digulung, iskander kebab disajikan dengan meletakkan roti pita di atas piring, kemudian ditambahkan irisan daging panggang di atasnya.

 

Kebab jenis ini semakin nikmat ketika ditambah irisan kofte atau sejenis sosis. Iskander k ebab ini memiliki cita rasa khas yang gurih dan sedikit asam. Rasa asam tersebut berkat siraman mentega dari susu kambing yang sudah dicairkan, yoghurt, dan saus tomat segar.

“Iskander Kebab sudah ada sejak 150 tahun lalu. Kebab ini diciptakan oleh seorang tukang daging bernama Iskender Bey pada 1848. Kebab ini menggunakan daging sapi atau domba pilihan dengan teknik potong khusus,” ujar Tugrul. Jenis kebab lainnya, yakni shish kebab. Kebab ini menggunakan daging yang dipanggang dengan cara ditusuk seperti sate. Tak hanya daging, kebab ini bisa dipanggang bersama sayuran, dan disajikan di atas piring.

 BACA JUGA : Bergaya dengan Gaun Transparan, Kylie Jenner Gak Pakai Underwear!

“Untuk mengabadikan makanan ikonik ini, Anda bisa menggunakan Samsung Galaxy S10 dan mengaktifkan scene optimizer, smart composition ataupun live focus . Atur jarak dan jatuhnya cahaya agar foto makanan lebih menarik,” ujar Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Taufiq Furqon. Selain kebab, Turki juga terkenal dengan roti pide.

Sekilas roti ini memiliki kesamaan dengan pizza Italia karena menggunakan paparan roti lebar yang dipanggang. Roti ini memiliki topping , di antaranya sosis, daging sapi, dan telur. Adonan roti yang matang kemudian ditaburi biji nigella khas Turki dan yoghurt yang asam.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini