Tingkatkan Suasana Hati dalam Waktu 12 Menit

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 02 196 2038410 tingkatkan-suasana-hati-dalam-waktu-12-menit-wPAjtLpsTJ.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

Berada dalam suasana hati yang buruk terkadang dapat mengacaukan segala aktivitas yang sedang dilakukan. Oleh karenanya, banyak orang yang berusaha membuat suasana hatinya kembali menyenangkan. Entah itu melakukan hobi seperti membaca, berbelanja, atau menghubungi seorang teman.

Tapi ada masanya perubahan suasana hati dibutuhkan dengan cepat. Terlebih belum tentu kegiatan favorit bisa dilakukan dengan segera. Beruntung menurut sebuah studi baru-baru ini di Journal of Happiness Studies, ada cara yang sangat mudah dan cepat untuk meningkatkan suasana hati Anda.

Para peneliti di Iowa State University meminta para mahasiswa untuk berjalan di sekitar gedung selama 12 menit. Masing-masing diuji satu dari tiga teknik yang dikatakan dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan kebahagiaan atau kesejahteraan. Teknik pertama adalah cinta kasih di mana mahasiswa harus melihat orang lain dan berpikir, "Saya berharap orang ini bahagia".

 

Teknik kedua, mahasiswa diharuskan melihat orang lain dan memikirkan cara untuk terhubung satu sama lain. Para peneliti juga menyarankan mahasiswa untuk memikirkan harapan dan perasaan yang hendak dibagi kepada orang lain. Terakhir, teknik yang digunakan adalah perbandingan sosial ke bawah. Teknik tersebut memungkinkan mahasiswa berpikir ketika melihat orang lain jika dirinya lebih beruntung dibanding orang tersebut.

 Baca Juga: Driver Ojol Ternyata Ayahnya yang Lama Terpisah, Kisah Gadis Ini Bikin Mewek

Para mahasiswa diminta fokus terhadap caranya melihat orang lain dan memerhatikan hal-hal seperti warna, tekstur, pakaian, rambut, makeup, dan aksesoris. Setelah dilakukan analisis ketiga teknik tersebut dapat meningkatkan suasana hati. Namun ada salah satu teknik yang memberikan manfaat lebih banyak yaitu mempraktikkan teknik cinta kasih.

Mengharapkan sesuatu yang baik untuk orang lain dan memikirkan emosi mereka memang bisa memberikan ketenangan tersendiri. Namun mempraktikkan teknik cinta kasih dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia, lebih terhubung, peduli, empatik, dan kurang cemas. Jadi apabila Anda harus meningkatkan suasana hati dengan segera, berikan bantuan kepada orang lain dalam bentuk apapun.

 Baca Juga: Jangan Paksa Anak Masuk SD Jika Belum "Matang", Ini Alasannya

"Berjalan-jalan di lingkungan sekitar dan menawarkan kebaikan kepada orang lain dapat mengurangi kecemasan. Hal itu juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan perasaan koneksi sosial," tandas salah seorang peneliti, Douglas Gentile seperti yang dikutip Okezone dari Pop Sugar, Selasa (2/4/2019).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini