nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Menurun, Ini Penyebabnya

krjogja.com, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 02 406 2038278 kunjungan-wisatawan-ke-gunungkidul-menurun-ini-penyebabnya-FzRpXAxpTE.jpg Wisata Gunungkidul (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Jumlah angka wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dilaporkan menurun. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mencatat banyaknya peristiwa bencana alam terdampak cuaca ekstrem dalam bulan terakhir mengakibatkan terjadinya penurunan wisatawan.

Selain karena cuaca, kerusakan infrastruktur yang berkaitan dengan fasilitas wisata juga menjadi salah satu faktor menurunnya jumlah wisatawan.

“Lebih dari 85 persen wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul tersebut ke pantai kalau cuaca tidak baik berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti.

Data dalam dua bulan terakhir jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan yang cukup signifikan, bahkan sudah terdeteksi mulai tahun 2018 lalu. Penurunan terjadi akibat adanya isu tsunami maupun beberapa bencana alam seperti gelombang tinggi, banjir dan tanah longsor seperti tahun 2018 dan awal 2019. Sehingga jika pantai dinyatakan bahaya untuk dikunjungi otomatis berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan.

 Baca Juga: Cewek Ini Viral Setelah Jiplakan Air Susunya Bocor saat Dibonceng Motor

“Selain itu hujan yang terus-menerus juga berpengaruh pada menurunnya jumlah kunjungan,” imbuhnya.

 

Pihaknya mengklaim, selama ini terus melakukan upaya agar para wisatawan tetap tertarik untuk berkunjung ke Gunungkidul. Sedangkan saat ini upaya pengembangan destinasi wisata non pantai bagian tengah dan utara terus dilakukan.

“Meskipun tetap melakukan revitalisasi pantai, harapan kami ada alternatif selain pantai yang bisa menarik wisatawan datang,” imbuhnya.

 Baca Juga: Gaet Wisatawan Milenial, Tanjung Lesung Perbanyak Beach Club

Tercapainya PAD Pariwisata pada tahun ini, pihaknya masih enggan berkomentar. Namun secara tidak langsung dia cukup pesimistis target bisa tercapai lantaran masih adanya bencana alam yang terjadi.

“Tahun ini masih tahun yang dilingkupi bencana, agak susah bagi kami untuk menaikkan jumlah kunjungan,” imbuhnya.

Terkait dengan kondisi penurunan kunjungan wisatawan akan melakukan evaluasi. Salah satu cara yakni dengan membuka diskusi dengan para mitra untuk mengetahui langkah yang akan dilakukan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini