nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Miss Indonesia Alya Nurshabrina, Belajar Melukis Otodidak karena Kurang Didukung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 09:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 02 612 2038088 curhat-miss-indonesia-alya-nurshabrina-belajar-melukis-otodidak-karena-kurang-didukung-e66m6dU2jQ.jpg Miss Indonesia Alya Nurshabrina. (Foto: Okezone)

MISS INDONESIA Alya Nurshabrina adalah sosok yang patut dicontoh. Selain cerdas dalam bidang intelektual, dia juga ternyata punya kemampuan lebih dalam mengekspresikan jiwa seninya.

Keseimbangan ini sudah dia pupuk sejak kecil. Kepada Okezone Alya menuturkan, sejak kecil dirinya bercita-cita menjadi cendekiawan yang suka melukis. Keseimbangan ini pun terus dia jaga hingga sekarang.

Bukti cinta Alya pada dunia seni bisa terlihat dari momen di mana dia melukis gaunnya sendiri saat tampil di Miss World 2018. Selain itu, keterlibatan aktif Alya di komunitas seni juga menjadi wadah dia belajar sekaligus eksplorasi diri.

Baca Juga: Viral Curhatan Pria Simpan Uang Diam-Diam karena Istri Tukang Belanja, Ending-nya Plot Twist Banget

Tapi, tahukah Anda kalau Alya belajar dunia seni ini secara otodidak atau belajar sendiri?

"Aku biasanya dapat inspirasi melukis itu dari buku-buku, koran, atau juga video ilustrasi yang ada di Youtube. Media tersebut yang kemudian memberi ruang buat saya belajar dan mendapatkan inspirasi," paparnya sesaat setelah membuka pameran lukisan bertajuk "Emansipasi" di Institut Français d'Indonésie - Wijaya, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019) malam.

Meski menyukai dunia seni, Alya menjelaskan kalau orangtuanya menginginkan dia untuk tetap memprioritaskan pendidikan. Meski begitu, dia tetap menjalankan hobinya tersebut kala memiliki waktu luang.

Baca Juga: Bergaya dengan Gaun Transparan, Kylie Jenner Gak Pakai Underwear!

"Aku setiap harinya selalu sediain waktu 10 sampai 15 menit untuk melukis. Nggak mesti karya yang besar, aku biasanya mulai dari yang kecil dan itu terus aku upgrade sampai akhirnya jadi karya yang besar," sambungnya.

Sudah sadar dengan kemampuan lebihnya itu, Alya pun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kolaborasi karya seni dengan seniman lain. Ini juga menjadi harapan Alya dekat ini untuk bisa berkontribusi dalam dunia seni Indonesia.

Di sisi lain, meski sudah pernah menggelar pameran lukisan tunggal pada 2017, Alya ternyata masih menganggap dirinya seniman junior. Hal itu juga yang membuat dia belum bisa membaca karakter diri atau genre lukisan apa yang menjadi ciri khasnya.

"Aku sampai sekarang masih terus belajar. Menurut aku pribadi, sebagai seniman muda, kurang bijaksana jika sudah mengotak-kotakan seni. Aku masih mau terus eksplorasi diri dan bagi aku itu penting supaya ilmu dan kemampuan seni aku terus berkembang," papar Alya.

Benar-benar sosok yang bisa jadi panutan anak muda, ya. Sekali pun sibuk kuliah S2 jurusan Business Management di Swiss German University, Alya masih menjalankan hobi melukisnya. Tidak hanya itu, dia juga masih aktif dalam beberapa kegiatan di kampus sebagai pembicara atau motivator. Keren!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini