nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Desainer Buktikan Busana Syar'i Bisa Terlihat Kekinian, Cocok untuk Muslimah Modern

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 03 194 2038572 3-desainer-buktikan-busana-syar-i-bisa-terlihat-kekinian-cocok-untuk-muslimah-modern-rYWPVTZmNW.jpeg Ini tren busana Syar'i (Foto: Dok. IFW 2019)

BICARA mengenai busana syar'i, mungkin yang ada di benak Anda adalah pakaian Muslimah yang siluetnya hanya loose tanpa pola. Ya, kalau bicara hijabnya, sudah pasti yang menjulang panjang ke bawah menutupi aurat.

Busana syar'i juga identik dengan warna hitam atau putih. Kesannya, ketika mereka perempuan syar'i menggunakan busana berwarna "bold" akan kurang etis dan tidak nyaman untuk dikenakan.

Tapi, 3 desainer ini punya pandangan sendir menilai busana syar'i. Mereka ini mampu mengekspresikan ide mereka dalam balutan busana syar'i yang tentunya tidak melenceng dari kaidah Islam. Penasaran dengan busana syar'i yang tetap kekinian dan membuat Anda terlihat lebih "berwarna"?

1. ZAHWAZEE

 

Desainer ini coba menampilkan koleksi syar'i bertajuk "FLEUR D’AMOUR" yang terinspirasi dari kenangan masa lalu akan keindahan bunga-bunga di taman, serta kecintaan akan warna-warna pastel dalam lukisan dan wallpaper klasik.

Motif bunga sendiri melambangkan kecantikan perempuan di dalam kehidupannya dan warna-warna pastel melambangkan kedewasaan perempuan dalam menghadapi kehidupan. Bunga memberikan kesan romantis, elegant, dan mempesona. Di saat yang sama juga seakan-akan menggambarkan keanggunan seorang perempuan Muslimah.

Agar memberi kesan yang modern, ZAHWAZEE menerapkan teknik pleats yang sedang jadi trend saat ini dan memainkan cutting model ‘princess’ yang akan memberi kesan nyaman pada pemakai. Pemilihan bahan satin bridal pada sebagian besar koleksinya yang tampil di IFW 2019 ini, menggunakan aplikasi laser bordir bunga yang dijahit tangan berpadu dengan beragam payet, batu, dan kristal mampu menambah keanggunan.

2. Althafunissa Syar'i

 

Koleksi syar'i modern dari desainer ini mengangkat tema “Spectrum Of Liris”. Terinspirasi dari selembar kain putih dan canting, Althafunissa coba mencipta busana beraneka motif dan corak. Adanya batik memberi kesan classic yang tidak termakan zaman.

Motif Batik yg diambil ialah Liris atau Dan Liris, yang mana itu berarti 'Hujan Gerimis' dengan harapan hujan adalah berkah, begitu pula rejeki dan hidup yang juga berkah.

Koleksi ini ditampilkan juga dalam pagelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2019 dengan total koleksi 9 look dengan dominasi warna ametyhst dan sentuhan saffron, silver serta perpaduan warna hitam. Bahan yang dipakai didominasi bahan Chiffon, dengan applikasi Tulle dan Organza. Aneka Embroidery dan Pleats dihadirkan untuk mempercantik koleksi. Serta ada juga aplikasi Full Payet beads dan Swarovski di setiap koleksinya.

Seperti koleksi yang sering ditampilkan, kali ini Althafunissa tetap komit menggunakan bahan-bahan yg ringan dipakai, dengan tujuan agar muslimah syar'i tetap bisa beraktivitas nyaman, batas, dan tidak berat ketika dipakai.

 BACA JUGA : Jangan Anggap Sepele Kebiasaan Pipis di Malam Hari, Dampaknya Serius

3. Khazzanah_

 

Koleksi syar'i modern lainnya lahir juga dari desainer ini. Dari Khazzanah_ by EVAHAZNA dengan tema koleksi yaitu "THE BEAUTY OF THE RIBBON", Evahazna coba mempersembahkan koleksi untuk para perempuan Muslimah yang selalu tampil cantik syar'i dan fashionable setiap saat.

Koleksi ini juga ditampilkan dalam pagelaran IFW 2019 dengan 9 koleksi desain dengan aplikasi crystal dan swarovski yg gemerlap namun anggun. Permainan warna pastel yang lembut memberi kesan anggun. Permainan aksen pita dan bunga dalam koleksi ini menyempurnakan tampilan para Muslimah.

Sebagai tambahan, ketiga desainer ini tergabung dalam Syari Community Indonesia (SCI) yang merupakan komunitas pengusaha perempuan syar’i. SCI Dibentuk oleh 30 founder desainer Syar’I Indonesia sebagai wadah bagi para Muslimah, dalam hal ini para desainer busana syar'i untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup lebih bersikap syar'i dimulai dengan berpenampilan syar'i. Selain itu, komunitas ini juga bergerak terus melalui aktivitas sosial, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi kreatif.

So, dari ketiga koleksi ini, mana yang bisa menggambarkan karakter Anda?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini