nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa Isra Miraj Perintahkan Nabi Muhammad Salat 5 Waktu, Ini Makna di Balik Jumlah Rakaat

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 13:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 03 196 2038595 peristiwa-isra-miraj-perintahkan-nabi-muhammad-salat-5-waktu-ini-makna-di-balik-jumlah-rakaat-eFAVxDP02u.jpg Ilustrasi (Foto: Khilafah)

Isra Miraj menjadi peristiwa penting yang mana dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW dapat perintah salat lima waktu. Dari situlah banyak makna jumlah rakaat salat yang wajib dipahami.

Dalam kitab Sulamul Munajah yang ditulis oleh Syaikh Nawawi Al Bantani Syarah dari Kitab Safinah Ash-Shalah karya Syyid Abdullah bin Umar bin Yahya Al-Hadrami (1209-1265 H).

Syaikh Nawawi Al Bantani adalah buyut dari Prof KH Ma'ruf Amin. Dalam kitabnya Safinah Ash-Shalah khusus membahas masalah tauhid dan ibadah salat, sesuai dengan nama kitabnya yang bermakna perahu salat.

Syaikh nawawi Al Bantani menjelaskan adanya rahasia dibalik angka-angka dalam salat lima waktu, yang diwajibkan oleh Allah SWT. Umat Muslim diminta untuk menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan-Nya atas lima indera perasa (panca indra) sekaligus merupakan upaya menutup berbagai keburukannya.

alquran

Ustadz Fauzan Amin membeberkan rahasia lebih lengkap. Mulai dari salat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, hingga isya. Yuk simak penjelasannya!

1. Jumlah dua rakaat salat subuh merupakan panjatan rasa syukur atas kedua bibir yang terdapat dalam indera pengecap (mulut). Karena hanya dengan keduanyalah kita bisa merasakan segala hal, yang bersifat halus maupun kasar.

2. Sedangkan empat rakaat salat dzuhur menunjukkan pada rasa syukur kita atas indera penciuman (hidung). Kita dapat mencium berbagai bau dari empat arah. Dengan demikian, empat rakaat dzuhur sekaligus dapat dijadikan sebagai semangat menutup keburukan yang datang dari empat arah itu juga.

3. Empat rakaat waktu salat ashar merupakan apresiasi manusia rasa syukur atas indera pendengaran (telinga). Karena kita dapat menerima berbagai jenis suara dari empat arah.

4. Adapun tiga rakaat maghrib menunjukkan rasa syukur manusia atas kemampuan melihat yang datang dari tiga arah, yakni depan, kanan dan kiri. Sedangkan penglihatan ke arah belakang tidak mungkin bisa.

5. Adapun empat rakaat shalat isya merujuk pada rasa syukur manusia atas nikmat atas empat macam rasa, yaitu dingin, panas, pahit dan manis Demikianlah rahasia angka yang berhubungan dengan rakaat salat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini