5 Rekomendasi Mainan untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak dengan Autisme

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 03 481 2038541 5-rekomendasi-mainan-untuk-bantu-tumbuh-kembang-anak-dengan-autisme-Htqd8Nhy2y.jpg Puzzle bantu tumbuh kembang anak dengan autisme (Foto: Parents)

Bermain merupakan salah kegiatan menyenangkan yang sangat disukai anak. Kegiatan ini juga dinilai ampuh dalam membantu tumbuh kembang mereka. Di satu sisi, para ahli juga percaya bahwa sejumlah permainan dapat membantu anak-anak berkebutuhan khusus seperti autisme, untuk mengembangkan kemampuannya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa, memilih permainan yang tepat untuk anak-anak dengan autisme tidak bisa sembarangan seperti saat Anda memberikan mainan pada anak-anak normal.

Anak dengan autisme membutuhkan mainan yang tepat agar mereka dapat bereksplorasi dan mengurangi risiko frustasi atau tantrum saat bermain. Hal ini karena mereka kesulitan dalam memusatkan perhatian dan memahami konsep abstrak.

Nah, dalam rangka memperingati Autism Awareness Day yang jatuh pada hari ini, Selasa 2 April 2019, Okezone telah merangkum 5 rekomendasi mainan khusus untuk anak-anak autisme. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Puzzle

Puzzle adalah permainan yang ampuh untuk melatih fungsi kognitif anak. Selain itu, mengingat teknik permainan ini mendorong otak anak untuk berpikir lebih keras, secara tidak langsung nantinya mereka memiliki semangat pantang menyerah saat memecahkan suatu masalah.

anak main

Balok susun

Hampir mirip dengan puzzle, permainan lain yang wajib Anda berikan pada anak autis adalah balok susun. Permainan ini diklaim dapat merangsang pertumbuhan anak, terutama kreativitas, kemampuan berpikir, serta keluwesan dalam bersosialisasi.

Menggambar dan mewarnai

Selanjutnya ada menggambar dan mewarnai, kedua permainan ini ampuh untuk mengenalkan perbedaan warna pada anak serta melatih kemampuan motorik halusnya. Manfaat lainnya, proses menggambar juga membantu anak untuk mengembangkan imajinas, kreativitas, dan menuangkan suasana hati mereka.

anak menggambar dan mewarnai

Fidget Spinner

Beberapa waktu lalu, fidget spinner sempat naik daun di kalangan anak-anak hingga dewasa. Selidik punya selidik, mainan ini juga bermanfaat loh untuk anak-anak dengan autisme. Fidget spinner bahkan sering digunakan oleh para terapis okupasi karena melibatkan indera cakram taktil dan bola koosh. Keduanya bertujuan untuk memberikan anak-anak autisme ketenangan karena memiliki masalah dengan pemrosesan sensorik.

Lilin mainan

Lilin atau plastisin sebetulnya termasuk dalam mainan edukasi yang bermanfaat untuk membantu gerak motorik anak agar berkembang dengan baik serta merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Selain itu, pilihan warnanya yang beragam dan menarik hati membuat banyak anak-anak menyukai permainan ini

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini