nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Hidup Jetset Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, Monarki Terkaya Kedua di Dunia

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 04 194 2039017 gaya-hidup-jetset-sultan-hassanal-bolkiah-dari-brunei-monarki-terkaya-kedua-di-dunia-BChjBaGtM7.jpg Sultan Brunei Darussalam (Foto: The Sun)

SOSOK Sultan dari Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah beberapa waktu belakangan ini memang tengah menjadi sorotan yang mana kurang lebih disebabkan oleh peraturan akan hukuman mati untuk kaum LGBT.

Well, terlepas dari peraturan hukum yang dinilai sebagian orang telah melanggar hak asasi manusia tersebut. Sosok Sultan Brunei satu ini memang menarik perhatian, salah satunya karena gaya hidup jetset yang ia jalani.

Gaya hidup bergelimang kemewahan dari Sultan Hassanal Bolkiah ini tidak main-main loh! Tahukah Anda, sultan satu ini disebutkan memiliki nilai kekayaan pribadi senilai 15 milyar Poundsterling yang mana menjadikan dirinya sebagai sosok pemimpin monarki terkaya di dunia setelah Raja Thailand.

Bergelimang materi yang begitu berlimpah, gaya hidup yang pria 72 tahun ini jalani tentunya mampu membuat banyak orang melongo. Salah satu contoh sederhana, untuk biaya memangkas rambutnya saja menelan 19ribu Poundsterling atau kurang lebih Rp355,6 juta. Tidak hanya itu, untuk bintang tamu dalam gelaran pesta perayaan ulang tahunnya, Hassanah Bolkiah mendapuk salah satu sosok legenda dalam dunia industri music, Michael Jackson yang kala itu dibayar dengan honor senilai 13juta Poundsterling!

Baca juga :

Tidak hanya itu, pria yang sudah memimpin Brunei selama kurang lebih 52 tahun ini disebutkan memiliki mobil-mobil mahal yang masing-masing bernilai kurang lebih 10juta Poundsterling atau senilai Rp187,1 milyar, belum lagi masih ditambah aset properti yang bernilai milyaran Poundsterling, ditambah lagi dengan jet pribadi yang dipoles dengan emas.

Tidak hanya memanjakan dirinya dengan kemewahan, Sultan Hassanal Bolkiah juga royal terhadap anggota keluarganya. Di mana para anggota keluarga intinya ini ia dapatkan sebagai hasil dari tiga pernikahannya, yang mana masing-masing digelar begitu meriah dan mewah. Pernikahan pertama pada 1965, dengan saudara sepupunya, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, menghasilkan enam orang anak, termasuk Pangeran Mahkota, Al-Muhtadee.

Pernikahan kedua dengan Hajah Mariam, pada 1982 yang memberinya empat orang anak. Namun sayangnya, pada 2003 ia menceraikan Hajah Mariam dan menikahai presenter Azrinaz Mazhar, yang memberinya dua orang anak lagi sebelum bercerai pada 2010.

Terlepas menjadi ayah dari 12 orang anak, sebagai ayah, Sultan Hassanal Bolkiah begitu total dalam merayakan pesta pernikahan anak-anaknya. Pesta pernikahan dari kelima orang anaknya, diketahui dirayakan meriah lebih dari satu pekan dan disebutkan masing-masing pesta menelan biaya sebesar 5juta Poundsterling, atau kurang lebih Rp93,5 milyar! Angka yang fantastis bukan?

Senada dengan pesta anak-anaknya, Sultan Hassanal Bolkiah juga begitu maksimal dalam menggelar pesta ulang tahunnya sendiri. Tepatnya pesta ulang tahun yang ke-50 kala itu.

Pesta ulang tahunnya yang ke setengah abad digelar selama dua pekan, yang menelan biaya lebih dari 20juta Poundsterling atau sekira Rp374milyar! Dalam pesta ulang tahunnya, digelar berbagai acara. Sebut saja mulai dari pertandingan polo hingga makan malam mewah. Belum lagi cendramata untuk setiap tamu yang hadir, ialah sebuah medali emas untuk dibawa pulang. Demikian seperti dilansir Thesun, Kamis (4/4/2019).

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini