nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap Alasan Jokowi Selalu Beri Sepeda pada Masyarakat Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 10:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 04 196 2038841 terungkap-alasan-jokowi-selalu-beri-sepeda-pada-masyarakat-indonesia-ROPBJEuQj3.png Wawancara Atta Halilintar dengan Jokowi (Foto: Youtube)

Ada beberapa pertanyaan menarik yang dilontarkan Atta Halilintar kepada Presiden Jokowi dalam video terbarunya yang berjudul ‘Grebek Istana RI Presiden’. Alih-alih menanyakan kondisi politik dan ekonomi Indonesia menjelang Pilpres 2019, Atta justru bertanya tentang quiz yang selalu diberikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja.

“Kenapa sih bapak kalau bikin quiz hadiahnya selalu sepeda?,” tanya Atta dengan raut wajah penasaran.

Mendengar pertanyaan tersebut, Jokowi mendadak tertawa kecil sebelum akhirnya memberikan penjelasan singkat tentang ide membagikan sepeda kepada masyarakat.

“Pertama, jelas sepeda lebih murah. Kedua, sepeda bisa dipakai oleh anak-anak atau masyarakat dan lebih menyehatkan. Ketiga, tidak usah beli bensin. Coba bayangkan kalau hadiahnya motor dan bensin, bisa habis berapa untuk beli bensin saja,” ungkap Jokowi sambil tertawa lepas.

Baca juga :

Puas dengan jawaban tersebut, Atta kembali melemparkan pertanyaan baru kepada ayah tiga anak itu. Kali ini, ia menanyakan tentang pertanyaan yang diberikan Jokowi saat mengadakan quiz.

Meski terbilang sederhana, pertanyaan yang diberikan Jokowi sebetulnya memiliki makna yang tidak disadari oleh masyarakat Indonesia. Contohnya pertanyaan seputar ikan yang ia berikan kepada seorang anak SD.

Terlepas dari berita viral yang sempat heboh beberapa waktu lalu, pertanyaan itu dimaksudkan agar semua anak di Indonesia terbiasa untuk mengenali jenis-jenis ikan yang kita miliki. Apalagi Indonesia masuk dalam kategori negara kepulauan.

“Tidak hanya ikan, terkadang saya bertanya tentang suku-suku atau nama-nama pulau di Indonesia,” ucap Jokowi sambil tersenyum.

Sekarang, giliran Atta yang ditantang untuk menjawab 10 nama-nama virus yang dapat mengancam kesehatan tubuh manusia. “Kamu mau sepeda juga? Coba sebutkan 10 nama-nama virus,” tantang Jokowi

Atta pun tertantang untuk menjawab, meski raut wajahnya tidak bisa berbohong bahwa pertanyaan tersebut terbilang sudah.

“HIV virus kan pak?,” tanya Atta.

“Enggak tau saya bukan dokter,” canda Jokowi disambut gelak tawa keduanya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini