nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Penipuan di Situs Kencan Online, Ini 6 Tanda yang Perlu Kamu Waspadai

Rahma Yulita, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 14:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 04 196 2038931 marak-penipuan-di-situs-kencan-online-ini-6-tanda-yang-perlu-kamu-waspadai-yXi11wVfHv.jpg Hati-hati penipuan di kencan online (Foto: Gulalives)

DITIPU oleh orang yang ditemui di dalam dunia maya mungkin menjadi salah satu hal yang paling sering terjadi. Bahkan, di Amerika ada sebuah acara yang memang khusus menyajikan kisah-kisah orang yang ditipu dengan orang lain yang ditemuinya di dunia maya.

Seorang artis yang namanya sedang naik daun, Noah Centineo, pun pernah ditipu dan tidak pernah tahu siapa orang di sisi lain teleponnya yang sebenarnya. Pada akhirnya, penipuan seperti ini atau yang sering disebut dengan Catfish adalah sebuah pelanggaran yang bisa membahayakan orang lain. Inilah alasan mengapa penting untuk mengetahui tanda-tandanya, terutama karena kencan online terus terjadi.

Untuk membantu Anda terlindungi dari Catfish, Ini 6 cara untuk mengetahui tanda-tanda Catfish yang dilansir dari Teen Vogue, Kamis (4/4/2019).

BACA JUGA : Batiknya Mirip dengan Serbet Hotel, Ganjar Pranowo: Ada yang Mau Dilap?

1. Menolak mengangkat telepon

Biasanya, orang yang berniat menipu orang lain secara online tidak akan berani untuk membuka dirinya secara terang-terangan. Mereka juga akan mencari seribu alasan untuk menghindari panggilan telepon, karena mereka takut jika mengatakan hal yang tidak seharusnya dikatakan, sehingga memunculkan kecurigaan di akhir.

2. Tidak punya banyak followers atau teman

Seseorang yang melakukan penipuan secara online umumnya tidak memiliki banyak teman di kehidupan nyata. Mengapa demikian? Mungkin ada beberapa faktor yang membuat mereka memilih untuk menyembunyikan identitas asli, dan memulai sebagai orang lain karena itu justru adalah hal yang mampu membantu mereka untuk mendapatkan teman dan pasangan. Selain itu, penipu cenderung akan membuat akun baru dengan followers yang sedikit. Hal ini akan membantu untuk membuktikan bahwa Anda sedang ditipu!

 

3. Ceritanya tidak jelas

Mungkin ini adalah hal yang paling mudah untuk bisa membuktikan apakah kamu sedang ditipu atau tidak. Karena biasanya, seorang penipu online tidak terlalu baik dalam membuat cerita baru tentang hidupnya. Cerita yang mereka sampaikan terkesan tidak nyambung dan mereka juga akan sering menghindari pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya sangat pribadi seperti pekerjaan, sekolah, dan alamat.

4. Menggunakan foto orang lain

Seperti yang tertulis pada poin kedua, orang-orang yang melakukan penipuan online biasanya adalah orang yang tidak terlalu banyak memiliki teman sehingga memilih untuk membuat hidup baru dengan identitas baru. Maksud dari identitas baru disini adalah, mereka biasanya menggunakan foto orang lain yang mereka anggap menarik perhatian orang. Tidak jarang ditemukan kasus banyak orang yang merasa risih dan terganggu karena fotonya digunakan orang lain untuk tujuan buruk.

5. Foto-fotonya terlihat profesional

Kebanyakan orang di media sosial suka mengunggah banyak foto diri mereka sendiri, dan kegiatan yang mereka lakukan setiap hari. Berhati-hatilah jika orang yang sedang dekat dengan Anda secara online memiliki foto diri mereka yang sangat sedikit. Mungkin mereka memilih bermain aman dengan tidak terlalu banyak mengunggah foto yang memperlihatkan diri mereka, agar kecurigaan tidak terlalu besar. Namun, hal ini justru lebih memancing kecurigaan!

 BACA JUGA : Jokowi Habiskan Waktu Main Game dengan Jan Ethes, Netizen : Ganteng Banget Cucunya

6. Enggan diajak bertemu

Yang satu ini sangatlah sakral. Jika orang yang Anda temui secara online menolak untuk diajak bertemu, Anda mungkin boleh untuk mulai berpikir apa alasan yang membuat orang tersebut tidak ingin diajak bertemu. Seorang penipu online pasti akan selalu menolak untuk bertemu, karena memang bukan diri mereka yang mereka pamerkan secara online untuk mendapatkan teman, atau pun pasangan. Ini bukanlah hal baru, tetapi Anda harus tetap waspada!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini