Tips Tidak Sakit Hati saat Hadapi Kritik

Agregasi The F Thing, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 04 196 2038990 tips-tidak-sakit-hati-saat-hadapi-kritik-haPT84xrkT.jpg Ilustrasi dikritik (Foto: The F Things

SEPANJANG hidup, manusia sering menerima kritikan dengan apa dikerjakan. Mesi begitu, tetap saja banyak yang tidak bisa menghadapi kritik dengan terbuka.

Nah, jika kamu salah satunya, berikut beberapa tips menghadapi kritik sebagaimana dikutip The F Things.

Tahu siapa yang mengkritik

Tidak jarang rasa sakit hati muncul ketika ide kamu dikritik atau diragukan. Tapi, kamu perlu tahu karena kritikan itu bisa saja tidak sengaja. Apalagi jika si pengkritik adalah orang yang memang ahli di bidang terkait. Karenanya, gunakan kritikan itu untuk memperbaiki diri.

Jangan dimasukkan ke hati

Kamu pasti akan tersinggung ketika mendengar sesuatu yang menyakitkan, padahal sudah bekerja keras. Nah sebaiknya, jangan terlalu dimasukkan ke hati. Justru, mintalah saran pada yang mengkritik bagaimana cara untuk meningkatkan diri dalam pekerjaan.

Berdamai dengan kegagalan

Setiap orang yang gagal pasti akan merasa terpuruk. Tapi jadikanlah kegagalan tersebut sebagai pelajaran untuk lebih baik ke depannya.

Singkirkan perasaan negatif

Kapan pun kritik datang, hadapilah dengan bijak. Jangan langsung menentang si pengkritik, tapi dengarkan dulu orang itu. Buat kritik tersebut menjadi sesuatu yang lebih baik.

Jangan berhenti

Jangan pernah berhenti pada apapun yang kamu lakukan hanya karena kritika pedas. Selesaikan apa yang kamu sudah kamu mulai, dan jangan pernah membiarkan komen buruk menjatuhkanmu.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini