Perjuangan Berat Rawat Anak dengan Mata Katarak, Asri Welas Bagikan Kacamata Gratis

Harisah Chamil, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 04 481 2038967 perjuangan-berat-rawat-anak-dengan-mata-katarak-asri-welas-bagikan-kacamata-gratis-olByoRaYRr.jpeg Perkembangan Anak Kedua Asri Welas yang menderita Katarak Kongenital (Foto: Ist)

MEMILIKI buah hati adalah anugerah terbesar yang dinanti-nanti sepasang suami-istri. Kelahirannya akan disambut dengan penuh suka cita, dan segalanya dipersiapkan sebaik mungkin agar si kecil selalu sehat. Hal yang paling menyedihkan adalah ketika harus melihat anaknya sakit. Setiap orangtua rasanya ingin bertukar posisi, agar mereka saja yang sakit dan buah hatinya tetap sehat.

Tapi takdir Tuhan tak bisa ditolak. Suka cita dan musibah semuanya sudah diatur sang Maha Pencipta, manusia hanya bisa menerima dan terus berusaha. Perasaan sedih masih dirasakan oleh artis sekaligus komedian, Asri Pramawati atau biasa disapa Asri Welas. Pasalnya anak keduanya mengalami katarak kongenital saat bayi tersebut lahir.

Baca juga :

Anak kedua Asri bernama Rayyan Gibran Ridharaharja (Ibran) rencananya akan melakukan operasi lensa mata setelah Asri melahirkan anak ketiganya. Ibran yang sejak lahir sudah memiliki kelainan pengelihatan memang harus kenakan kacamata yang digunakan secara konsisten. Merasakan perjuangan berat merawat anak dengan mata katarak, Asri Welas sebarkan kampanye kesehatan dan bagikan kacamata gratis.

“Berikan kacamata teman-teman Ibran yang bernasib sama, supaya bisa lihat warna-warni dunia. Maka saya kampanyekan gerakan anak lahir dengan katarak. Kita mau bagikan 90 kacamata yang menonton kalau perlu kacamata boleh hubungi Instagram Asri Welas, mudah-mudahan bisa sampai ke anak yang memerlukan,” beber Asri.

Untuk meningkatkan kesadaran terhadap kelainan katarak kongenital, PT Optik Tunggal Sempurna yang bekerjasama dengan Asri Welas, bakal membantu para bayi yang miliki katarak kongenital, dan akan membagikan 90 kacamata khusus di seluruh Indonesia. Pemberian kacamata khusus itu, sebagai bentuk kepedulian perusahaan terkait ulang tahun ke-90 Optik Tunggal.

“Sampai saat ini data yang masuk sudah ada 59 data yang terverifikasi. Penyaringan data masih terus berjalan,” kata Chairman Optik Tunggal Sempurna Alexander F Kurniawan dalam keterangannya, belum lama ini.

Menurut Alex, inspirasi program ini berawal dari pemberitaan Muhammad Ibran, anak kedua Asri Welas, yang terlahir dengan katarak kongenital. Setelah melakukan operasi katarak di kedua matanya, Ibran membutuhkan kacamata khusus untuk kesehariannya yang dapat membantu berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya.

Untuk melayani anak dengan kelainan katarak kongential, Optik Tunggal dapat menyediakan lensa yang ukurannya plus 20. Frame kacamata yang disediakan juga sangat sesuai dengan bayi karena lentur dan tidak membuat alergi.

“Perlu diketahui bahwa kacamata bayi dengan lensa yang cukup tebal di Indonesia belum ada banyak. Untuk itu, kami tergerak untuk mengadakan kacamata bayi yang fleksibel tidak membuat alergi dan membuat anak-anak bebas bergerak dan beraktifitas. Tentunya lensa yang terbaik di dunia yaitu Zeiss Lens menyanggupinya akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu maksimal 30 hari kerja karena pembuatan lensa tersebut langsung dari Jerman,” ujar Alex.

Seiring waktu berjalan, lanjutnya, Optik Tunggal juga ingin membantu anak-anak yang menderita kelainan seperti Ibran agar dapat melihat dan tumbuh seperti anak lainnya. “Karena masa golden age anak itu jangan sampai terlewat karena panca indera atau alat komunikasi yang tidak bisa digunakan,” katanya.

Alex mengatakan, masyarakat yang memiliki anak penderita katarak kongenital mendatangi gerai Optik Tunggal di seluruh Tanah Air. Youtube Optik Tunggal juga menyediakan fasilitas pendaftaran tersebut.

“Silakan bagi masyarakat yang memiliki saudara atau tetangga untuk menginformasikan kepada kami,” katanya.

Asri Welas sangat mendukung penuh langkah kegiatan yang dibuat oleh Optik Tunggal. “Sejak merasakan proses yang dilalui oleh Ibran, saya sangat concern mendukung kegiatan penanganan katarak kongenital, termasuk saya terima kasih kepada Optik Tunggal yang sejak awal menyediakan kacamata khusus kepada Ibran,” kata Asri.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini