Asri Welas Bagikan Kacamata untuk Anak Katarak, Ini Sebab Faktor Risikonya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 04 481 2039141 asri-welas-bagikan-kacamata-untuk-anak-katarak-ini-sebab-faktor-risikonya-aThpcczzMZ.jpg Asri Welas (Foto: Okezone)

Asri Welas harus merawat anak yang lahir dengan katarak karena kondisi gangguan medis sejak bayi. Tapi dia tetap bersyukur, bahkan berbagi kebahagiaan dengan orangtua yang senasib dengannya.

Putra kedua Asri Welas, Rayyan Gibran Ridharaharja (Ibran) harus menggunakan kacamata sejak bayi, karena dirinya menderita katarak. Belum ada peningkatan dari kesembuhan matanya, karena Asri Welas kini mengandung anak ketiganya.

Tapi setelah melahirkan anak ketiganya nanti, Asri Welas berjanji bakal melakukan tindakan operasi pada Ibran. Karena pada saat ini kondisi mata Ibran mengalami plus 14 dan harus memakai kacamata tebal.

 

"Setelah adik lahir, Ibran operasi lensa mata, yang kanan dulu implan lensa, baru yang kiri. Semoga Ibran sehat terus, berat badannya bagus, biar operasinya lancar,” ujarnya dalam wawancara kepada tayangan Silet, baru-baru ini.

Karena perjuangan berat dalam mengurus anak dengan katarak, Asri Welas langsung berbagi kacamata kepada orangtua yang senasib. Dia bahkan mengampanyekan gerakan anak lahir dengan katarak dengan hal-hal yang positif.

 Baca Juga: Generasi Milenial Lebih Menyukai Game Ketimbang Seks

Ketika ada orangtua yang membutuhkan kacamata tersebut, Asri Welas meminta masyarakat untuk langsung menghubungi dirinya. Dia bakal membagikan 90 kacamata khusus untuk anak katarakat.

 

"Kita mau bagikan 90 kacamata, mudah-mudahan bisa sampai ke anak yang memerlukan," imbuh Asri Welas.

Dihubungi terpisah, Spesialis Mata dr Ni Retno Setyoningrum, SpM(K) menjelaskan, dalam beberapa kasus katarak bisa diderita oleh bayi dan anak-anak. Faktor penyebabnya bisa karena infeksi atau malnutrisi ketika bayi berada dalam kandungan.

 Baca Juga: Perjuangan Berat Rawat Anak dengan Mata Katarak, Asri Welas Bagikan Kacamata Gratis

"Bayi yang lahir prematur, ibu terkena rubella atau toksoplasma akan meningkatkan kemungkinan bayi yang lahir memiliki gejala katarak," tuturnya.

Gejala katarak, tambah dr Ni, biasanya mata anak terlihat ada keputihan di pupil. Bagian bola mata juga tampak tidak seimbang atau anak mudah silau saat terkena sinar matahari.

"Katarak pada anak akan semakin menganggu seiring perkembangan usia anak, sehingga perlu dilakukan tindakan operasi katarak sedini mungkin," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini