nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat 'Magis' Bayam untuk Ibu Hamil

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 298 2039403 6-manfaat-magis-bayam-untuk-ibu-hamil-NRm4jSg51c.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TUBUH memang membutuhkan pasokan nutrisi untuk beraktivitas. Tapi, kebutuhan akan nutrisi tersebut bisa meningkat drastis berkali-kali lipat kala tengah hamil.

Nah, salah satu sumber nutrisi untuk ibu hamil adalah dari sayuran hijau yang memiliki nutrisi tinggi. Memang banyak pilihan sayuran hijau, tapi tidak ada salahnya memilih bayam bagi ibu hamil.

Pasalnya, sayuran ini mengandung banyak vitamin A, C, E, dan K serta magnesium, folat, kalium, dan zat besi. Ditambah lagi, bayam memiliki omega-3, serat, dan flavonoid.

Mengonsumsi bayam dapat memberikan sejumlah manfaat lain, yuk disimak.

Turunkan stres

Suasana hati sang ibu memang akan bergejolak ketika tengah mengandung. Kandungan vitamin B dalam bayam, mampu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki suasana hati. Minum jus bayam di pagi hari pun bisa jadi menu yang pas untuk memulai aktivitas.

Jaga tekanan darah

Tekanan darah saat masa kehamilan memang harus dipantau dengan benar, pasalnya ibu hamil sangat rentan mengalami preeklampsia dan eklampsia. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat tekanan darah meningkat, dan akhirnya memengaruhi pertumbuhan janin.

Nah, Kandungan nitrat yang ada di bayam mampu menstabilkan hal itu. Oleh karena itu, konsumsi bayam sangat bermanfaat selama kehamilan.

Menaikan imun

Kaya akan vitamin A dan C, bayam mampu menjadi penguat daya tahan tubuh. Bayam sangat bermanfaat pada masa kehamilan, terutama untuk mengembangkan sel dan pengelihatan janin.

Merangsang perkembangan saraf janin

Manfaat lainnya dari mengonsumsi bayam untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan vitamin B. Vitamin ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf sang janin

Kaya asam folat

Memiliki asam folat yang tinggi, bayam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang belakang dan mencegah keguguran. Selain itu, dengan mengonsumsi bayam ibu hamil juga meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Baik untuk tulang dan gigi

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Oleh karena itu, bayam sangat bermanfaat selama masa kehamilan. Kalsium pada bayam dapat menjadi solusi yang memegang peranan struktur tulang dan gigi, serta memerankan peran penting dalam saraf yang sehat, otot, dan peredaran darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini