nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semakin Mendunia, Kopi Indonesia Jadi Primadona di London Coffee Festival 2019

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 21:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 298 2039658 semakin-mendunia-kopi-indonesia-jadi-primadona-di-london-coffee-festival-2019-YtSUtdpIju.jpeg Kopi Indonesia jadi primadona di London Coffee Festival 2019 (Foto: KBRI)

Untuk soal kuliner, aneka makanan tradisional Indonesia sudah tidak asing lagi ketenarannya. Kepopuleran hidangan masakan asli Indonesia memang sudah cukup familier di mata dunia, salah satu contohnya hidangan Rendang didapuk sebagai makanan paling lezat nomor satu versi situs portal berita dunia ternama, CNN.

Selain aneka makanan tradisionalnya yang lezat, kopi asli Indonesia juga sudah cukup tersohor di mata dunia. Kelezatan akan kopi asli Indonesia dari hari ke hari makin melejit. Kenikmatan kopi asli Indonesia, mampu menarik perhatian dari orang-orang di mancanegara.

Salah satu contoh nyatanya di London pada akhir pekan lalu, 28-31 Maret 2019. Kopi asli Indonesia eksis dalam pameran London Coffee Festival 2019 di Old Truman Brewery, Brick Lane, London, Inggris.

Acara pameran kopi satu ini merupakan ajang bergengsi dan terbesar di Eropa. Pameran ini diikuti kurang lebih 250 peserta dan dihadiri setidaknya 30.000 orang pengunjung, mulai dari importir, wholesaler, roaster hingga para pemilik kafe.

kopi

Di tengah-tengah begitu banyak kopi dari berbagai penjuru dunia, termasuk kopi Indonesia yang terdiri dari 24 varietas biji kopi specialty. Mulai dari kopi Gayo, Bali Kintamani, Solok Radjo, Tolu Batak, Garut Kasuga, Enrekang Nating, Puntang Peaberry, Flores Bajawa, Mount Halu Jawa Barat, hingga Gunung Tilu Jawa Barat. Masing-masing memiliki cita rasa unik dan khas yang dihadirkan dalam Paviliun Indonesia. Kopi Indonesia tersebut begitu diminati oleh para pengunjung, masyarakat Inggris.

Kopi

Padahal tahukah Anda, dalam pameran kopi ini ternyata keikutsertaan Indonesia adalah untuk yang untuk pertama kalinya loh! Ini merupakan hasil atas sinergi dari KBRI London dan Atase Perdagangan London. Bertemakan “Home of the World’s Finest Coffee”, Paviliun Indonesia diwakili oleh tiga pelaku usaha, yakni Work Coffee Indonesia, PT Seribu Satu Rasa (Walking Drums), dan Ngopi International Limited yang sengaja menghadirkan jenis kopi Indonesia dengan cita rasa unik dan khas.

Di pameran ini, para pengunjung bisa mengikuti sesi mencicipi kopi (coffee cupping session). Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung dan pembeli potensial yang hadir merasakan cita rasa kopi specialty Indonesia secara langsung.

Kopi

Ragam kopi specialty Indonesia dengan cita rasa lezat sekaligus khas yang dihadirkan begitu banyak. Ditambah lagi dengan adanya sesi mencicipi secara langsung inilah yang kurang lebih membuat para pengunjung begitu antusias memadati Paviliun Indonesia.

Baca Juga : Potret Hot Mamah Muda Jelly Jelo, Model Seksi Beranak Satu

Bagaimana tidak? Tercatat setidaknya 7.500 pengunjung per harinya menyambangi Paviliun Indonesia selama empat hari pameran berlangsung untuk mencicipi kekhasan kopi specialty Indonesia. Tingginya animo ketertarikan para pengunjung dan pembeli potensial terhadap kopi specialty Indonesia selama pameran berlangsung berhasil menorehkan transaksi potensial sebesar USD2juta atau sekira Rp28,2 milyar!

Kopi

Kehadiran kopi Indonesia di pameran kopi di London ini sendiri dipandang oleh Dr. Rizal Sukma, selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Republik Irlandia dan IMO, sebagai salah satu cara efektif untuk memperkenalkan kopi-kopi khas Indonesia di mancanegara.

“Hadirnya Paviliun Indonesia di London Coffee Festival 2019 ini diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan keberagaman kopi Indonesia kepada masyarakat Inggris,” ujar Dr. Rizal Sukma, seperti dalam siaran pers dari KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di London yang diterima Redaksi Okezone, Jumat (5/4/20198).

Baca Juga : Seksinya Tasya Rosmala, Biduan Pantura yang Hobi Berpakaian Ketat

Dalam kesempatan yang sama, Rizal menambahkan dengan ikut serta di pameran kopi di London, kopi-kopi Indonesia yang unik, lezat sekaligus punya cita rasa khas ini bisa hadir di media promosi yang tepat, sehingga akhirnya bisa meningkatkan nilai ekspor kopi Indonesia ke benua Eropa, khususnya Inggris.

“Ini menjadi ajang promosi kopi Indonesia ke pasar Ingggris serta mendorong peningkatan ekspor Kopi Indonesia ke Inggris,” imbuhnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini