nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Tenaga Dokter Membludak, tapi Penugasan Belum Merata Sampai Daerah Terpencil

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 481 2039527 jumlah-tenaga-dokter-membludak-tapi-penugasan-belum-merata-sampai-daerah-terpencil-OCkZo2ECP3.jpg Ilustrasi (Foto: Parashospitals)

Tenaga dokter di Indonesia selalu dianggap kurang, karena tidak meratanya pembagian sesuai wilayah. Padahal tahun 2019, jumlah tenaga dokter umum sudah melebihi target yang telah ditentukan.

Tahun 2019 terdapat sekira 12 ribu sarjana kedokteran dari 78 Fakultas Kedokteran di Indonesia. Jumlah tersebut dianggap membludak, bahkan nantinya akan diberikan kuota khusus yang bekerja sama dengan Kemenristekdikti.

"Sekarang sudah ada 12 ribu lulusan sarjana kedokteran. Karena jumlahnya membludak, kita batasi kuota lulusan ya setiap tahun, misalnya cukup 200 orang saja," ujar Kepala BPPSDMK Kemenkes RI drg Usman Sumantri, MSc ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2019).

jessica jane

Permasalahannya, tambah Usman, penempatan tugas dokter sampai ke daerah-daerah terpencil tidak merata. Ada dokter umum yang ditugaskan menumpuk di satu wilayah.

Baca Juga : Seksinya Tasya Rosmala, Biduan Pantura yang Hobi Berpakaian Ketat

Kondisi tersebut seharusnya tidak ideal, sehingga butuh siasat khusus dalam menugaskan dokter. Salah satu program yang digagas Kementerian Kesehatan RI adalah Nusantara Sehat, yang selama ini dianggap membantu masyarakat di pinggir pulau terpencil dapat pelayanan tenaga medis yang mumpuni.

Baca Juga : Potret Hot Mamah Muda Jelly Jelo, Model Seksi Beranak Satu

"Di satu sisi program NS ini membantu dokter untuk tugas di puskesmas-puskesmas yang ditentukan oleh pemerintah. Cara ini diharapkan bisa membantu pemerataan jumlah dokter di daerah," imbuhnya.

Sementara itu, sebut Usman, targetnya di tahun 2019 sebanyak 5.600 puskesmas harus punya lima jenis tenaga kesehatan untuk preventif dan promotif. Kemudian sekira 60% rumah sakit tipe C harusnpunya 4 spesialis dasar dan 3 penunjang. Adapun target sumber daya manusia yang dibutuhkan saat ini sebanyak 56.910 orang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini