nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keutamaan Salat Subuh, Buat Orang Terhindar dari Penyakit Jantung

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 05 612 2039511 keutamaan-salat-subuh-buat-orang-terhindar-dari-penyakit-jantung-wnuNYvF0lg.jpeg Ini beberapa keutamaan salat subuh (Foto: Medium)

SALAT subuh jadi tameng umat Muslim ketika ingin mencari ladang pahala yang besar. Maka itu jangan lewatkan salat subuh karena banyak keutamaan yang bakal Anda dapatkan.

Umat Muslim wajib menunaikan ibadah salat subuh sebanyak dua rakaat. Dari kitab Sulamul Munajah yang ditulis oleh Syaikh Nawawi Al Bantani Syarah, jumlah dua rakaat salat subuh merupakan panjatan rasa syukur atas kedua bibir yang terdapat dalam indera pengecap (mulut). Karena hanya dengan keduanyalah kita bisa merasakan segala hal, yang bersifat halus maupun kasar.

Di balik itu, ada beberapa keutamaan yang Anda dapatkan saat tak melewatkan salat subuh. Dirangkum Jumat (5/4/2019), berikut ini 6 penjelasannya, seperti yang dibeberkan Ustadz Fauzan Amin sebagai berikut.

BACA JUGA :   Potret Hot Mamah Muda Jelly Jelo, Model Seksi Beranak Satu

1. Pahala salat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya

Begitu tinggi keutamaan salat subuh sehingga Rasulullah pun meninggikan salat sunnah 2 rakaat sebelum salat Subuh atau dikenal dengan istilah sholat qobliah subuh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “sungguh dua rakaat itu sebelum Subuh lebih aku cintai daripada seluruh dunia” (HR. Muslim).

2. Diselamatkan dari api neraka

Rasulullah bersabda “tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya”(HR. Muslim)

Nabi bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

Rasulullah bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

“Barangsiapa yang mengerjakan salat _bardain_ (yaitu salat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

 

3. Turunnya Nabi Isa AS ke bumi

Sebuah peristiwa besar di akhir zaman pun akan terjadi pada waktu subuh, yaitu turunnya Nabi Isa AS ke bumi.

4. Disaksikan para malaikat

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

5. Terbukalah jalan rezeki dengan mudah

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA : selepas salat subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan “Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara salat subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).

Allah Ta’ala berfirman,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat fajar (subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).

BACA JUGA :   Potret Hot Mamah Muda Jelly Jelo, Model Seksi Beranak Satu

6. Terhindar dari penyakit jantung

Dari sisi kesehatan, seseorang yang membiasakan bangun pagi untuk solat subuh atau ibadah lain, seperti mengaji bisa terhindar dari penyakit jantung. Begitu juga stamina dan kebugaran tubuh terjaga sempurna. Hayo masih mau meninggalkan salat subuh?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini