nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pahami, Ini Tips Berbagi Tugas Mengasuh Anak dengan Suami

Aris Wardani, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 06 196 2039928 pahami-ini-tips-berbagi-tugas-mengasuh-anak-dengan-suami-xLKPK3Grj6.jpg Peran Ayah dalam mengasuh anak (Foto: Ist)

DALAM mendidik dan mengurus anak itu bukanlah hanya tanggung jawab seorang istri saja, tetapi di dalam pikiran masyarakat luas yaitu tugasnya seorang istri. Suami itu harus bekerja mencari nafkah untuk anak serta istrinya, tetapi jangan salah kalau sebenarnya merupakan tanggung jawab seorang suami juga dalam mendidik dan mengurus anaknya.

Banyak hal yang bisa digunakan untuk bekerjasama dalam mengurus sang anak bersama dengan suami. Karena itu akan berpengaruh dalam proses pembelajaran sang anak menuju dewasa tentang artinya kerjasama dalam setiap kehidupan serta tidak hanya mengandalkan seseorang saja.

Berikut tips dalam berbagi tugas dengan sang suami dalam mengurus sang anak :

Baca Juga : Ngeri, Ini Ciri-Ciri Orang yang Paling Disukai Jin!

Pembagian tugas antara suami dengan istri

Buatlah pembagian tugas untuk mengurus sang anak disaat sang suami lagi santai serta tidak ada pekerjaan yang menganggu aktifitasnya dengan berkomunikasi. Misalnya istri lagi belanja dan suaminya menjaga serta mengurus anak.

Menyediakan kebutuhan sang anak

Menyediakan segala kebutuhan sang anak itu sangat penting sudah sewajarnya menjadi tugas sebagai seorang ibu dalam memanjakan anak. Seperti menyediakan makanan, kebutuhan sekolahan serta menemani segala aktifitas sang anak dalam sehari-hari dalam bersosialisasi.

 

Saling bertanggung jawab

Cobalah untuk saling bertanggung jawab dalam mengurus sang anak dan bekerja sama dalam segala aspek, misalnya membuat perencanaan untuk segala kebutuhan sang anak hingga membuat daftar keperluan yang akan dibeli untuk segala sesuatunya.

Ajarkan kepada anak tentang tanggung jawab

Dengan mengajarkan tentang tanggung jawab kepada anak itu adalah tanggung jawab sebagai orangtua dalam mendidik pola pikirnya. Bagaimana untuk bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan oleh sang anak. Misalnya mengajarkan tanggung jawab mengerjakan sebuah PR (Pekerjaan Rumah) sekolah dengan ditemani oleh orangtua.

Baca Juga : Mengenal Glynn Scotty Wolfe, Pemecah Rekor Pria yang Paling Sering Menikah di Dunia 

Ayah mengajarkan sikap tegas kepada anaknya

Sebagai seorang kepala rumah tangga, ayah harus bisa mengajarkan sikap tegas terhadap anak-anaknya. Hal ini akan mempengaruhi sikapnya nanti saat sudah dewasa terutama bila sang buah hati itu seorang laki-laki. Tetapi tidak mengajarkannya sikap tegas dengan cara kasar.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini