nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Pencemaran, Hamish Daud Ingin Ajak Masyarakat untuk Jaga Kebersihan Laut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 06 406 2039989 marak-pencemaran-hamish-daud-ingin-ajak-masyarakat-untuk-jaga-kebersihan-laut-mVbAQ59nVB.JPG Hamish Daud ingin ajak masyarakat jaga kelestarian laut (Foto: Leonardus/Okezone)

SEBAGAI negara maritim, Indonesia seharusnya bangga terhadap keindahan laut nusantara. Selain terdiri dari banyak laut, Indonesia juga kaya akan biota laut seperti aneka jenis ikan dan terumbu karang yang cantik mempesona.

Meski demikian, Indonesia sempat mendapat kabar tidak menyenangkan dengan banyaknya sampah plastik yang mengotori laut Indonesia. Tentunya hal ini sangat disayangkan, pasalnya kekayaan laut Indonesia bisa hancur dengan mudah oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Pendiri Indonesia Ocean Pride, Hamish Daud, pun mengimbau para masyarakat untuk lebih menjaga kelestarian lautan Indonesia dengan tidak melakukan hal-hal yang merusak ekosistem laut.

Baca Juga : Ngeri, Ini Ciri-Ciri Orang yang Paling Disukai Jin!

“Indonesia negara maritim jadi tidak ada salahnya untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat indonesia tentang laut. Seperti tidak menginjak terumbu karang, tidak membuang sampah dll,” tutur Hamish, saat diwawancarai Okezone dalam acara WASI di JCC, Jakarta (6/4/2019).

Sekadar informasi, Wanita Selam Indonesia (WASI), yang berada di bawah naungan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) akan menggelar sebuah acara menyelam untuk memecahkan tiga rekor Guinness Book of Record yang akan diselenggarakan pada 3 Agustus 2019 di Manado, Sulawesi Utara.

 

Ketiga rekor tersebut adalah penyelaman massal dengan target 3000 penyelam, rantai manusia terpanjang dalam air dan pembentangan bendera terlebar di dunia. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia sekaligus upaya mempromosikan banyak hal yang berkaitan dengan laut.

“Saya rasa sekarang momennya untuk begerak menjaga kebersihan. Sudah banyak LSM untuk mengangkat masalah ini. Namun sekarang sudah tren masyarakat untuk mulai menjaga lingkungan. Saya sangat bangga dengan energi dan antusias semua orang,” lanjutnya.

Hamish yang gemar melakukan olahraga selam pun berharap dengan adanya acara ini, maka bisa mengempowering para wanita dalam dunia diving di kemudian hari. Pasalnya saat olahraga selam dinilai hanya untuk para pria dan orang-orang tangguh.

Baca Juga : Mengenal Glynn Scotty Wolfe, Pemecah Rekor Pria yang Paling Sering Menikah di Dunia

“Dengan acara ini maka akan semakin banyak orang yang tertarik dengan olahraga selam di Indonesia. WASI sangat luar biasa karena ini adalah platform besar yang berguna untuk mengempowering para wanita. Ini sangat baik dan menarik untuk dunia diving ke depannya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini