nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Ini 4 Gangguan Kesehatan yang Bisa Mengintai

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 06 481 2039866 tidak-bisa-tidur-nyenyak-ini-4-gangguan-kesehatan-yang-bisa-mengintai-yrQqSshOuY.jpg Insomnia tanda penyakit mulai menggerogoti tubuh Anda (Foto: Gnetic Literacy)

TIDUR berkualitas selama 8 jam adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi, beberapa orang tidak bisa mendapatkannya karena faktor-faktor tertentu. Ada yang karena harus terjaga hingga dini hari lantaran menyelesaikan pekerjaan atau mengalami insomnia. Ada pula yang sering terbangun karena merasa kepanasan, haus, atau keinginan untuk ke kamar mandi.

Terjaga hingga membuat waktu tidur kurang atau tidur selama 8 jam tapi sering bangun, sama-sama membuat waktu tidur menjadi tidak berkualitas. Pada akhirnya kondisi itu dapat mengganggu kesehatan. Ada sejumlah penyebab yang dapat membuat seseorang tidak mendapatkan tidur berkualitas. Berikut ulasannya seperti yang Okezone lansir dari Mirror, Jumat (5/4/2019) :

Baca Juga : Ngeri, Ini Ciri-Ciri Orang yang Paling Disukai Jin!

1. Depresi

Sebanyak 60% penderita depresi mengalami insomnia atau masalah tidur. Seorang perawat kesehatan mental dan ahli tidur, Jane Bozier mengatakan depresi dapat menyebabkan gangguan tidur dalam berbagai cara. Sebagian orang yang mengalami depresi biasanya kesulitan untuk bangun di pagi hari dan merasa pikirannya ‘buntu’ sepanjang hari. Sementara sebagian lainnya tidak bisa tidur, bangun beberapa kali di malam hari, atau hanya tidur dalam hitungan jam. Oleh karenanya, mereka yang mengalami depresi perlu berkonsultasi ke dokter.

2. Gangguan prostat

Pria yang sering bangun dan buang air kecil selagi tidur mungkin mengalami pembesaran prostat. Kandung kemih pria tersebut tidak pernah benar-benar kosong meskipun urin sudah dikeluarkan. Sebenarnya pembesaran prostat tidak perlu dikhawatirkan, namun tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter guna mencegah terjadinya kanker prostat.

 

3. Arthritis

Masalah persendian dapat mengngangu kenyamanan tidur. Butuh waktu lama bagi seseorang yang terkena arthritis untuk menentukan posisi tidur yang tepat. Begitu tidur sudah nyenyak namun terlalu banyak bergerak, orang tersebut akan terbangun karena rasa sakit. Maka tak heran jika 80% penderita arthritis mengalami kesulitan tidur. Padahal kurang tidur dapat menyebabkan memburuknya gejala di siang hari.

Baca Juga : Mengenal Glynn Scotty Wolfe, Pemecah Rekor Pria yang Paling Sering Menikah di Dunia

4. Menopause

Ketika memasuki usia menopause, perempuan akan mengalami gangguan sewaktu tidur. Saat menopause, tubuh yang tidak mengatur suhu konstan sehingga dapat menyebabkan hot flushes, keringat malam, dan hormon kacau.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini