nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uniqlo Belum Bayar Upah Pekerja, Ini Komentar Fashion Stylist Caren Delano

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 10:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 07 194 2040117 uniqlo-belum-bayar-upah-pekerja-ini-komentar-fashion-stylist-caren-delano-dwySODl9Zm.jpg Pekerja Uniqlo Melakukan Demonstrasi (Foto: Ist)

Kasus yang tengah merundung brand fast fashion asal Jepang, Uniqlo, berhasil menarik perhatian para pegiat fashion Indonesia. Salah satunya Caren Delano. Sebagaimana diketahui, sejak 2015 lalu, perusahaan fashion retailing milik Tadashi Yanai itu belum memenuhi kewajibannya kepada dua orang pekerja asal Indonesia, Warni dan Yayat.

Alhasil, kedua pekerja tersebut nekat melakukan aksi demonstrasi tepat di depan salah satu gerai terbaru Uniqlo di Copenhagen, Denmark. Mereka menuntut agar pihak perusahana segera membayarkan upah yang sudah menunggak sejak 4 tahun lalu.

Baca juga :

Sebagai fashion stylist ternama Indonesia yang mengaku sempat bekerjasama dengan brand fashion tersebut, Caren sangat menyayangkan masalah ini bisa terjadi.

“Aku enggak tau dasar masalahnya apa. Tapi aku sangat prihatin melihat warga kita di sana (Denmark) yang diberlakukan secara tidak adil. Mereka juga harus berjuang untuk mendapatkan hak mereka, karena kerja sama perusahaan asing dan di luar negeri itu tidak mudah,” tutur Caren Delano kepada Okezone, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Caren tidak menyangka fashion brand sekelas Uniqlo bisa memperlakukan para pekerjanya secara tidak adil, hingga memicu terjadinya aksi demonstrasi.

“Masalah ini melibatkan sebuah fashion brand ternama yang secara logika harusnya bisa membayar kewajiban mereka kepada para pekerja. Sedih banget melihatnya, apalagi yang demo itu salah satunya ibu-ibu,” tambahnya.

Caren pun berharap agar pemerintah Indonesia bisa memberikan bantuan agar permasalahan ini bisa segera diselesaikan.

“Mudah-mudahan ada tanggapan secepat-secepatnya dari KBRI kita yang ada di sana untuk bisa membantu menyuarakan hak-hak mereka sehingga bisa mendapatkan sesuai dengan apa yang harus di dapatkan,” tukasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini