nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Sosok Ratu Niang, Boneka Nenek Penguasa Pantai Bali Milik Wanita Indigo Furi Harun

Renny Sundayani, Jurnalis · Senin 08 April 2019 22:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 08 196 2040638 mengenal-sosok-ratu-niang-boneka-nenek-penguasa-pantai-bali-milik-wanita-indigo-furi-harun-0nKRCeAdWB.jpeg Furi Harun dan Koleksi Boneka Terbaru (Foto: Redflag Photo)

SETELAH boneka Kumanthong asal Thailand bernama Chika, wanita indigo Furi Harun kembali mengenalkan boneka barunya. Jika koleksi boneka mistis milik Furi rata-rata berwajah menggemaskan, cantik dan unik, namun tidak dengan boneka yang satu ini.

Boneka baru milik anak indigo ini berbentuk seorang nenek-nenek dengan rambut putih digelung. Furi pun memanggilnya dengan Ratu Niang. Lantas bagaimana ceritanya Furi bisa mendapatkan boneka tersebut? Awalnya, Furi membawa boneka bernama Nyai untuk bertemu dengan Kanjeng Ratu, kemudian diperjalanan seorang kawan menawarkan bonekanya dari toko.

Baca juga :

"Kemudian saya bilang saya mau yang ini supaya Nyai (boneka-red) ada temannya sama-sama hijau," ungkap Furi saat diwawancarai oleh Okezone di Heyoo Cafe, Tandean Mampang Prapatan, Jakarta, belum lama ini.

Mantan Ketua Indigo World ini mengatakan, jika boneka Ratu Niang miliki sifat pembawaan yang berwibawa. Bahkan, boneka nenek ini punya ciri khas, yakni miliki kantong kecil yang bisa memberikan rejeki lancar.

"Kantongnya nanti bakal saya isi uang supaya tidak kekurangan rejeki. Kalau misalnya si Chaca (Boneka-red) itukan dia punya tato di kaki. Nah, ini si Ratu Niyang punya kantong dan bisa diisi koin supaya saya tidak kekurangan sesuatu atau uang," bebernya.

Biasanya koin yang diminta adalah bilangan ganjil. Namun ada batasnya jika terisi terlalu banyak, akan berefeksamping pada tangannya. Tak hanya itu saja, boneka Ratu Niang miliki ciri khas yang unik, seperti tangannya yang menunjuk sesuatu, dan bisa bergerak ke atas dengan sendirinya.

"Dia kayak show away, dia ingin menunjukan sesuatu, terus pernah dalam sesi foto terus tangannya naek keatas sendri. Terus pas aku liat ditempat itu dia pingin datang ke penunggu disana, karena dulu Niyang sempat berteman dengan penunggu disana juga, kayak mau pamit," cerita Furi.

Furi menggambarkan sosok Ratu Niang itu adalah penguasa pantai Bali. Ia pun bisa sangat powerfull, tergantung bagaimana cara kita menciptakannya.

"Sebenarnya kalau di creat dia bisa powerfull. Tapi saya sadar hukum sebab dan akibat kalau sata nge-treat dia terlalu oke, saya menyuruh dia melakukan hal-hal yang terlalu ekstreem, ujung-ujungnya akan menjadi ekstrim pada diri kita sendri dan orang-orang disekeliling kita, jadi saya memilihnya lebih smooth saja deh," panjangnya.

Furi menambahkan, jika Ratu Niang cocok untuk dibawa ghost hunting. Karena jari dari si boneka bisa menjadi petunjuk dimana saja hantu berada.

"Enaknya begini kalau kita lagi ghost hunting terus ada hantu melihat Niyang dia langsung hormat. Oh itu ada ratu Niyang, oh ternyata orang itu sudah izin. Jadi yg nunggu dsana tidak macam-macam.

Dilanjutkan, sosok ratu Niyang di Bali biasa dipakai untuk pesugihan, dan spiritual yang kuat, bisa juga menjadi sosok attacker alias penyerang.

"Bisa untuk menghajar seseorang. Karena meskinya dia baik, namanya nenek yang mengayomi, tapi dia tipikal penyerang. Saya mesti hati-hati banget kayak misalnya ditempat saya ada beberapa boneka yang isinya anak-anak, bayi, jadi dengan adanya Ratu Niyang mereka sedikit takut, tapi saya sudah tekankan kita drumah ini semuanya famili. Tapi kalu ada orang-orang yang usil ada orang gak suka," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini