nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Takut Bully, Ini Trik Mudah Menghadapinya

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 08 April 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 08 196 2040714 jangan-takut-bully-ini-trik-mudah-menghadapinya-OB85dSbrOr.jpg Lawan Bullying dengan cara ini (Foto: Gossip)

MENJADI korban bullying, terkadang seseorang langsung putus asa dan kehilangan rasa percaya diri. Tapi tidak dengan Brandon Tanu, dirinya justru mau berbuat hal baik serta menjadi motivator.

Kisah Brandon terkait pengalaman di-bully teman-temannya sampai mendapat support keluarga tersebut ditulis oleh Dwi Sutarjantono. Lewat Buku "Bully Aja, I Don't Care", remaja 17 tahun itu mengisahkan banyak hal. 

Mulai dari membeberkan kiat-kiat melawan bullying sampai adanya penguatan lewat kalimat motivasi dengan James Gwee. Semuanya menarik dibaca, seolah-seolah Anda mendengar cerita langsung Brandon.

BACA JUGA : Drama Anak Kost yang Makanannya Sering Hilang dari Kulkas, Kucing Jadi Tumbalnya

Brandon bahkan sempat berbagi pengalamannya dari dulu saat di-bully. Menurutnya, bullying tidak akan hilang sampai ia tumbuh dewasa, tetapi harus dilawan. 

"Sebagai korban, bullying itu jahat sekali. Dari fisik atau kata-kata, dua-duanya parah. Kalau fisik ya sakit, tapi kalau kata-kata malah lebih menyakitkan," ungkap Brandon saat ditemui di Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Brandon juga mengisahkan pengalaman saat dirinya di-bully. Semasa duduk di bangku SD ke 4, Brandon dibilang freak karena punya kebiasaan aneh. 

Tak cukup itu, dirinya pernah diejek dengan kata-kata kasar sampai membuat dirinya sakit hati. Meski dulunya sempat merasa down, tapi Brandon merasa lebih kuat. Itu juga karena adanya support dari keluarga besarnya.

Sebagai sang ibu, Wanda Ponika pun sempat merasa stres menghadapi anak yang karakternya berbeda, seperti Brandon. Diungkapkan Wanda, Brandon merupakan anak yang punya sifat old school. Meski begitu, dia tetap bersyukur dan berhasil merawat anak-anaknya dengan memiliki karakter berbeda, serta bersikap dewasa. 

"Saya stres hadapi dia (Brandon-red), secara akademisi nilainya pas-pasan, dia juga di-bully sama teman-temannya di sekolah," kata Wanda.

Dalam kesempatan ini, Brandon juga berharap agar para korban bullying bisa lebih kuat menghadapi masalah apapun yang dilandanya. Apa saja?

1. Bangun percaya diri

Setiap korban bully harus bangun percaya diri, jangan malah berontak. Biasanya orang yang suka mengejek, mereka iri terhadap kelebihan yang kita miliki. 

2. Jangan takut berpendapat

"Seseorang yang suka di-bully ini biasanya kurang berani menyatakan opini," imbuh Brandon.

Harusnya kita sadari, jangan merasa langsung jatuh saat diejek orang lain. Karena korban bully tidak selamanya salah. 

3. Jangan berhenti untuk peduli

Meski sering di-bully jangan takut untuk peduli terhadap orang lain. Kalau Anda peduli, pasti orang lain bakal jadi segan.

BACA JUGA : Potret Messya Iskandar dalam Balutan Super Minim, Awas Gak Kuat Iman!

4. Komunikasi harus kuat dengan orangtua

"Sebagai anak jangan takut komunikasi dengan orangtua. Yang penting nyaman dengan diri sendiri dan boleh cerita apapun dengan suasana santai," pungkasnya. 

 

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini