nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Negatif pada Anak Jika Merasa Orangtuanya Pilih Kasih

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 08 April 2019 20:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 08 196 2040718 dampak-negatif-pada-anak-jika-merasa-orangtuanya-pilih-kasih-U9vWEmHXbt.jpg Ilustrasi (Foto: Theonion)

 Kasih sayang orangtua kepada anak tidak terbatas. Termasuk jika orangtua memiliki anak lebih dari satu. Tentunya setiap orangtua selalu berusaha memperlakukan anak-anaknya secara adil.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan orangtua secara tidak sengaja memperlakukan anak berbeda. Contohnya seperti memiliki anak favorit. Hal ini dapat membuat anak berpikir jika orangtuanya pilih kasih. Terutama jika mereka merasa tidak disukai oleh orangtuanya.

Dampak negatif dari perasaan tersebut dapat terbawa hingga anak dewasa. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh situs Mamamia, sebanyak 85% melaporkan jika ibu mereka memang lebih menyukai satu anak tertentu dibanding anak yang lain. Perasaan itu dapat membuat anak secara tidak sadar berperilaku demikian saat menjadi orangtua kelak.

Salah satu faktor yang membuat orang tua secara individual memperlakukan anak-anaknya adalah stres. Saat pikiran sedang kacau, orangtua bisa saja secara tidak sengaja berperilaku tidak adil. Hal ini dapat membuat keretakan antara saudara kandung dan bahkan membuat mereka tidak dekat.

 Baca Juga: 5 Potret Mesra Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia Bersama Istri, Jomblo Jangan Iri!

Perasaan perpecahan dan keterasingan dapat berlanjut hingga dewasa. Untuk anak yang tidak merasa disukai secara khusus, konsekuensinya dapat sangat menghancurkan.

"Anak yang tidak tersentuh dapat merasa dikalahkan dan tidak termotivasi karena tidak mendapat dukungan dari orangtua," ujar penasihat profesional, Yelena Gidenko, PhD, LPC seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Senin (8/4/2019).

Selain itu, anak juga mungkin mengalami depresi, menjadi pemarah, dan bahkan diliputi perasaan kebencian atau kecemburuan. Sedangkan perselisihan karena merasa orangtuanya pilih kasih dapat membuat anak mengalami kesulitan menerima dirinya. Hal ini dikarenakan anak merasa tidak diterima oleh orangtuanya.

 Baca Juga: Sebelum Menikah, Ajukan 5 Pertanyaan Penting Ini ke Pasangan!

"Tapi anak yang seakan menjadi favorit orangtua juga bisa terkena masalah. Mereka cenderung memiliki hak penuh dan enggan menuruti aturan," tambah Dr Yelena.

Selain itu, anak juga mungkin mengalami kecemasan dan rasa tidak aman sejak kecil dan di masa dewasa. Oleh karenanya, sebisa mungkin dalam kondisi apapun orangtua diharapkan memperlakukan anak secara adil. Caranya dengan memenuhi semua kebutuhan anak. Mulai dari cinta, kasih sayang, kehangatan, dan waktu bersama. Orangtua bisa memberikan porsi yang sama pada setiap anak.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini