nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tato Ini Bisa Kembalikan 'Hidup' Penyintas Kanker Payudara, Ini Kisahnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 April 2019 22:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 08 481 2040686 tato-ini-bisa-kembalikan-hidup-penyintas-kanker-payudara-ini-kisahnya-7E8wX3yUtV.jpg Rogash, sang seniman tato yang membantu para penyintas kanker payudara (Foto: Abc)

SALAH satu efek yang timbul dari pengangkatan payudara adalah hilangnya payudara itu sendiri. Alhasil, mereka para penyintas akan hidup dengan satu payudara atau bahkan tidak ada sama sekali.

Tindakan ini penting dilakukan untuk meminimalisir penyebaran sel kanker ke area tubuh yang lain. Dengan memotong payudara, upaya penyebaran itu bisa ditahan dan tentunya membuat si penyintas bisa lebih memungkinkan untuk memiliki harapan hidup yang lebih panjang.

Efek dari pengangkatan payudara ini yang kemudian dikhawatirkan para penyintas kanker payudara. Mereka merasa, tidak adanya payudara membuat mereka merasa tidak utuh lagi. Tapi, tentunya perasaan ini tidak berlangsung lama, tergantung dari seberapa ikhlas Anda.

Nah, belum lama ini muncul info ada seorang tatto artist yang mampu "memunculkan" puting payudara atau area lingkaran puting. Adalah dengan teknik tato yang menciptakan bentuk serupa di bagian payudara yang sudah hilang.

 

Dilansir Okezone dari ABC News, seorang perempuan sudah melakukan tindakan ini dan dia merasa "hidup" kembali. Ya, dialah Hannah Hinton yang didiagnosis menderita kanker payudara tiga tahun lalu. Kanker agresif menyebar dengan cepat dan ibu dari dua anak muda itu dipaksa menjalani mastektomi bilateral.

 Baca Juga: Alasan Anda Tidak Perlu Melakukan Peregangan Sebelum dan Sesudah Lari

Dua tahun perawatan dan satu tahun operasi rekonstruktif meninggalkan banyak bekas di tubuhnya.

"Sulit membicarakannya," katanya, nyaris menahan air mata. "Kamu tidak ingin dicap sebagai kanker, kamu tidak memakai lencana itu di lengan bajumu."

"Tapi itu mengingatkan Anda sepanjang waktu, ketika Anda keluar dari kamar mandi atau berjalan melewati cermin, Anda diingatkan setiap hari akan bekas luka," kata Hannah Hinton.

 

(Hannah Hinton)

Sementara rekonstruksi payudara sebagian membantu, dia masih merasa kehilangan sesuatu. Dia beralih ke tato kosmetik untuk rekreasi realistis tiga dimensi dari puting dan areanya. Tindakan itu dia lakukan agar terlihat agak normal lagi dan melakukan tato itu adalah dorongan besar bagi kepercayaan dirinya.

 Baca Juga: Momen Almira Tunggadewi Temani Ani Yudhoyono Jalani Terapi Stem Cell Awal

Hinton mengatakan, perjalanan semua orang berbeda, tetapi ini adalah pilihan yang tepat untuknya. "Bekas luka akan berada di sana selamanya, sayangnya, aku tidak bisa mengubahnya," katanya.

"Semoga melihat areola, puting susu, itu kembali ada, akan menghilangkan fokus dari jaringan parut dan membantu rasa percaya diri saya," katanya.

Di sisi lain, tatto artis, Rogash, menjelaskan kalau apa yang dia lakukan adalah sebuah berkat yang dianggap patut disyukuri, khususnya bagi penyintas kanker payudara.

"Aku merasa, mereka yang berani melakukan tindakan tato di payudara adalah perempuan pemberani yang pernah kutemui," kata Rogash. "Setelah semua yang mereka lalui, senyum yang ada di wajah mereka begitu berarti untukku," sambungnya bahagia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini