nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Asal China Habiskan Rp5 Juta Per Bulan, Kok Bisa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 08 April 2019 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 08 612 2040671 miliarder-asal-china-habiskan-rp5-juta-per-bulan-kok-bisa-oGXYZ3xYHG.jpg Miliarder Asal China (Foto: World Buzz)

SEMUA orang tentu ingin hidup penuh dengan kekayaan. Bahkan sebagian besar dari mereka rela untuk menghabiskan waktunya untuk terus bekerja demi meraup pundi-pundi rupiah. Memang uang bukanlah segalanya, namun tak bisa dipungkiri bahwa manusia membutuhkan uang agar bisa bertahan hidup.

Biasanya orang akan hidup penuh kemewahan apabila memiliki banyak uang, meski demikian hal tersebut tidak berlaku bagi miliarder asal China bernama Zong Qinghuo. Meski ia dinobatkan sebagai orang terkaya di China selama tiga tahun berturut-turut, namun ia hidup penuh dengan kesederhanaan.

Ia dilabeli sebagai orang terkaya pada 2010-2013 dan mendapat gelar baru sebagai seorang “Miliarder Terhemat” saat ini. Tentunya banyak yang penasaran, seberapa hematkah pengeluaran sang miliarder asal Negeri Panda tersebut?

Baca juga :

Ya, secara mengejutkan Qinghuo hanya mengeluarkan RM2.400 atau sekira Rp5 juta rupiah setiap bulannya. Tentunya pengeluaran ini sangatlah fantastis dan hampir menyamai pengeluaran seorang karyawan biasa.

Memang ada beberapa miliarder ternama di dunia seperti Bill Gates dan Marc Zuckerberg yang memilih hidup sederhana. Namun, hingga saat ini belum ada miliarder yang bisa menyamai kehematan pengeluaran Qinghuo setiap bulannya.

Sebagaimana dilansir World of Buzz, Senin (8/4/2019), pria berusia 74 tahun ini merupakan seorang pemilik perusahaan minuman terbesar di China, Wahaha dengan kekayaan mencapai USD11,4 miliar atau sekira Rp161,3 triliun.

Dengan kekayaan sebanyak itu, Qinghuo tentu saja bisa menafkahi anak cucunya hingga tujuh turunan. Namun, ia tidak melakukan hal tersebut pasalnya ia pernah mengalami masa-masa sulit dengan hidup miskin sebelum memperoleh kekayaan seperti saat ini.

Sebelum menjadi miliarder, Qinghuo merupakan anak yang terlahir dari keluarga tidak mampu. Ia harus membantu pekerjaan sang ibu yang menjadi guru dengan gaji kecil sebagai tulang punggung keluarga. Alhasil Qinghuo yang kala itu masih berusia 17 tahun akhirnya bekerja sebagai seorang petani garam di Hangzhou, China.

Tak hanya itu, untuk menambah pundi-pundi uangnya, Qinghuo juga merambah bidang konstruksi dan sempat menjadi pengantar susu. Setelah 15 tahun bekerja, ia pun akhirnya memutuskan untuk kembali ke desa asalnya dan bekerja sebagai penjaga toko.

Meski demikian, penghasilan sebagai penjaga toko masih kurang cukup untuk sehari-hari. Ia hanya dibayar sebesar 30 yuan atau Rp63 ribu setiap bulannya. Titik terang dalam kehidupan Qinghuo mulai terbuka lebar saat usianya menginjak 42 tahun. Ia berhasil membeli sebuah pabrik kecil yang memproduksi minuman berkarbonasi.

Qinghuo mulai memasarkan produknya menggunakan sepeda dan berhasil meraup keuntungan sebesar 220 ribu yuan atau Rp463 juta dalam tempo satu tahun. Sejak saat itulah ia mengembangkan perusahaannya dengan menciptakan produk Wahaha pada 1988 dan langsung menguasai pasar.

Meski demikian, hingga saat ini Qinghuo masih tetap setia untuk hidup sederhana. Tercatat ia hanya mengeluarkan uang USD20 atau Rp283 ribu per harinya. Ia juga mengenakan pakaian dan produk-produk yang biasa saja, meski kekayaannya cukup untuk membeli aneka barang branded.

Hal yang sama pun berlaku untuk kebiasaan kulinernya. Ia kerap menghabiskan waktu makan siang bersama para pegawainya di sebuah tempat makan sederhana. Bahkan beberapa pegawainya memanggil Qinghuo dengan sebutan “kakak” karena kesederhaan dan keramahan yang dimilikinya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini