nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Gurita Panggang dari Laut Nusantara

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 09 298 2041111 menjajal-gurita-panggang-dari-laut-nusantara-vvbGqwuZrW.jpg Gurita panggang dari laut nusantara (Foto:Ist)

KEPULAN asap masakan membubung tinggi. Aksi sang koki bermain-main dengan gurita panggang membuat pengujung enggan beranjak.

Asapnya menimbulkan aroma khas mengunggah selera ratusan pengunjung mal terbesar di Bekasi tersebut.Pengunjung mal yang mencium aroma makanan lezat terpancing untuk mengecek. Rupanya di sana kumpulan muda-mudi rapi mengantre di salah satu sudut pergelaran festival kuliner “Pasar Senggol” yang diselenggarakan Summarecon Mal Bekasi.

Rasa bosan menunggu antrean sedikit terobati dengan atraksi ‘flambee’ yang sesekali diperagakan koki “Roku Grilled”. Dalam pertunjukan daging gurita yang ditusuk panjangpanjang yang menjadi ‘korban’ kobaran api dari aksi ‘flambee’ sang koki.

Di atas loyang panggangan, tusukan gurita tersebut mendesis begitu minyak dicipratkan. Saat tampilannya sudah berubah agak gelap dengan jejak pembakaran di sejumlah sisi, baru tusukan gurita diangkat. Gurita yang telah matang itu lalu disajikan dengan saus pilihan sebelum disuguhkan kepada pembeli.

Saus pilihannya banyak, ada barbeku, oregano garlic, spicy mayo, cheesy mayo, chili mayo, juga blackpepper. “Saya pilih yang blackpepper supaya ada sensasi pedas-pedasnya,” kata Riesty Yulianingsih, 33, warga Perumahan Mitra Lestari, Jatiasih, Kota Bekasi.

Ibu dua anak ini mengaku baru pertama kali mencicipi sajian berbahan gurita. Selama ini dia hanya bisa menyaksikan tayangan olahan gurita di televisi atau media sosial. Meskipun daging-daging gurita yang digantung di bagian depan tenant “Roku Grilled”, tampilannya cukup meng intimidasi.

Tapi, hal tersebut tak mengurangi minatnya untuk men - cicipi. “Bayangan saya rasanya tidak akan jauh berbeda dengan cumi, kenyal-kenyal gitu. Karena cumi saya suka, gurita juga sepertinya bisa saya nikmati,” ungkapnya.

Selain sajian gurita panggang, setidaknya ada 10 dari total 89 tenant berpartisipasi pada festival kuliner “Pasar Senggol” tahun ini. Sajian menu lain yang juga mengundang selera untuk disantap adalah cumi panggang juga cumi goreng krispi. Ada juga olahan kerang hijau dimasak dengan bumbu balado lalu disajikan dengan jagung manis rebus sebagai pelengkapnya.

Baca Juga:

Bertubuh Seksi 4 Pria Ini Ternyata Penjual Durian, Nomor 4 Bikin Cewek Meleleh

Kisah Diet Menakjubkan 1 Bulan Turun 15 Kilogram, Ini Rahasianya

Bagi yang penasaran mencicipi nikmatnya lobster bisa juga mencoba menu lobster yang dipanggang serta dibalut lelehan keju mozarela. Dari olahan ikan, yang bisa dicoba pengunjung ialah menu khas Inggris ‘fish and chips’ berbahan ikan dori yang berbalut tepung lalu digoreng kering.

Sebagai pelengkapnya ialah kentang goreng serta mayones dan percikan jeruk nipis sebagai penyemarak rasa. Sajian olahan ikan salmon juga tampil dalam bentuk kudapan khas Bandung, yakni batagor.

Bagi warga yang menginginkan sensasi kuliner berbeda, silakan datang ke Summarecon Mal Bekasi. Sebab, event Pasar Senggol diadakan setiap satu tahun sekali. Center Director Summarecon Mal Bekasi Ugi Cahyono mengatakan pihaknya sengaja melibatkan pelaku kuliner berbahan makanan laut untuk berpartisipasi pada pergelaran festival kuliner Pasar Senggol 2019.

“Ragam kuliner berbahan makanan laut terus bermunculan dan mendapat respons yang baik oleh segala kalangan,” katanya, kepada KORAN SINDO. Menurutnya, menu makanan laut itu sekaligus menyukseskan juga anjuran Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar memperbanyak konsumsi ikan.

Sebab, laut Indonesia kaya akan aneka makanan laut dan aneka olahannya sedap untuk dinikmati. Olahan-olahan menu makanan laut tersebut hadir di “Pasar Senggol” hingga 28 April 2018, mulai pukul 16.00 pada hari kerja dan hadir lebih awal pukul 11.00 di akhir pekan.

“Untuk harga yang disajikan tentunya berbeda-beda, tapi tetap sesuai dan cukup terjangkau untuk pengunjung. Yang pasti, banyak sensasi rasa dan konsep menarik yang kami sajikan untuk pencinta kuliner,” tandasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini