nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenpar Dorong ASITA Bergerak ke Arah Wisata Digital

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 02:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 09 406 2040820 kemenpar-dorong-asita-bergerak-ke-arah-wisata-digital-ylGstTHqu9.jpeg Wisata Digital (Foto: Shutterstock)

Transformasi digital beberapa tahun belakangan mulai diimplementasikan pada bidang pariwisata. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan gadget untuk mempermudah hidupnya, mau tidak mau industri pariwisata juga bergerak menggunakan sistem digital untuk meraih mereka.

Hal ini pula yang diinginkan Menteri Pariwisata pada Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA). Dalam pelantikan pengurus ASITA periode 2019-2024, di Balairung Soesilo Soedarman, Senin malam (8/4/2019), ia mengatakan 70 persen wisatawan menggunakan sistem digital.

Baca Juga:

OOTD Mantan Bintang Porno Sunny Leone, Pose Nomor Satu Serba Ketat

Survei Membuktikan, Orang yang Bangun Pagi Lebih Sering Ngeseks Ketimbang Manusia Malam

Kini wisatawan mencari informasi wisata, tiket penerbangan, hingga paket wisata melalui digital. Tidak lagi mendatangi kantor travel agent seperti beberapa tahun lalu hanya untuk melakukan reservasi.

“Sekarang 70 persen wisatawan menggunakan digital, 30 persen itu yang belum menggunakan. Digital membuat hidup lebih mudah dan murah,” ujar Arief Yahya.

Untuk itu, ia mengatakan akan mendorong ASITA agar melakukan transformasi pada digital. ASITA sendiri diyakini Arief sudah mulai bergerak ke arah digital.

“Kemenpar akan membantu ASITA, salah satunya dalam implementasi wisata digital karena memang dunia sedang mengarah ke sana dan kalau kita lihat, ASITA sudah ada di situ,” jelasnya.

Ketua Umum ASITA yang baru dilantik, N. Rusmiati pun mengapresiasi dukungan Presiden Jokowi dan Kementerian Pariwisata yang telah mendukung asosiasi dengan member 7.000 travel agent di seluruh Indonesia itu. Di bawah kepemimpinannya, ia mengatakan akan memperbanyak pergerakan wisatawan domestik salah satunya melalui travel fair.

“Kami punya program ASITA Fair tapi tidak berlanjut. Mudah-mudahan sejak tahun ini dan seterusnya akan berlanjut,” kata Rusmiati.

Terkait harga tiket pesawat yang masih mengalami kenaikan, ia berjanji akan mendorong maskapai dan pihak terkait untuk mencari solusi.

“Tadi kita sudah bertemu dengan Menteri Perhubungan, harusnya 1 April ini (harga tiket) turun. Kita lihat saja satu bulan, kita lihat presiden turun tangan, Menko Maritim juga sudah turun tangan,” pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini