nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Kampung Arema Bakal Dibangun di Malang 2020, Ada Apa Saja?

Agregasi Solopos, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 17:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 09 406 2041012 wisata-kampung-arema-bakal-dibangun-di-malang-2020-ada-apa-saja-jZHhDbaDcf.jpg Ilustrasi wisata malang (Foto: Himalayaheart)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, berencana membangun miniatur berbagai hal yang bersentuhan dengan wilayah Malang Raya, seperti pantai dan beragam kuliner khas Malang dalam satu area (lokasi) yakni di Kampung Arema.

Wali Kota Malang Sutiaji mengemukakan untuk mewujudkan destinasi wisata baru Kampung Arema, Pemkot Malang sudah menyiapkan lahan seluas 25 hektare di Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru.

Sudah ada beberapa investor yang mengajukan penawaran pembangunan Kampung Arema ini," kata Sutiaji di Malang, belum lama ini.

Baca Juga : 5 Penampilan Putra Sultan Brunei, Bikin Wanita Klepek-Klepek!

Namun pihaknya harus mengkaji lebih dalam dan detail sebelum menentukan investor mana yang akan menggarap Kampung Arema tersebut.

Sutiaji menambahkan kearifan lokal dan hal apa pun yang menjadi ciri khas Malangan akan ditampilkan di Kampung Arema, tidak hanya Kota Malang, tapi juga potensi yang dimiliki Kabupaten Malang maupun Kota Batu.

 

Selain miniatur pantai dan beragam kuliner khas Malang, baik berupa minuman maupun makanan, Kampung Arema nanti juga akan menghadirkan miniatur rumah khas Malangan, bahkan bahasa untuk komunikasi di kawasan kampung itu nanti harus menggunakan bahasa walikan (terbalik).

Bahasa walikan tersebut, terang Sutiaji, menjadi ciri khas komunikasi warga Malang Raya. Selain itu, bahasa walikan yang digunakan dalam berkomunikasi itu nanti sekaligus mengenalkan salah satu identitas bahasa khas Malangan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan pembangunan Kampung Arema dimulai pada tahun 2020.

"Saat ini, kami masih perlu membuat kajian yang detail dengan para investor sebelum menyusun besaran anggaran yang dibutuhkan. Setelah dikaji, kemudian disusun penyusunan Detail Engineering Design (DED)," ucap Ida Ayu.

Dia mengaku masih banyak yang harus dikaji untuk mewujudkan Kampung Arema tersebut.

"Pada intinya kami berharap Kampung Arema ini akan menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk berkunjung ke Malang Raya," ujarnya.

Menyinggung penentuan lokasi di kawasan Tasikmadu, Ida mengatakan karena Tasikmadu masih banyak lahan kosong dan cukup luas. Apalagi, nanti ada jalan tol Malang-Pandaan (Mapan), pasti akan ada peningkatan volume kendaraan yang melalui jalur tersebut.

Baca Juga : Sobat Missqueen, Gadis Sombong Ini Pamer Kekayaan, Netizen: Pengin Gua Jontorin Mulutnya!

"Kami optimistis, Kampung Arema nanti bisa menjadi daya tarik wisatawan, bahkan menjadi jujugan, sebelum mereka menuju ke lokasi wisata lainnya yang ada di wilayah Malang Raya," tuturnya.

Sebelumnya, Kota Malang juga telah memiliki sejumlah destinasi wisata yang bertema kampung, seperti Kampung Warna Warni yang cukup dikenal, Kampung Biru, Kampung Putih, Kampung 3D, dan Kampung Glintung.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini