nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vape Dinilai Lebih Aman Ketimbang Rokok, Mengapa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 14:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 09 481 2041043 vape-dinilai-lebih-aman-ketimbang-rokok-mengapa-IF25bj4Fqe.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Bahkan di zaman milenial seperti saat ini, rokok bukan hanya dikonsumsi oleh para pria melainkan juga wanita. Mereka akan merokok di berbagai tempat sambil bersantai dan berbincang.

Sejak beberapa tahun lalu tren menggunakan rokok elektrik atau biasa disebut vape memang semakin marak. Vape dinilai lebih aman karena tidak meninggalkan zat bakaran atau yang biasa disebut dengan tar.

Meski cara menggunakan vape dan rokok konvensional hampir serupa. Namun, terdapat perbedaan yang signifikan diantara dua benda tersebut. Terutama bagi lingkungan hidup dan bagi kesehatan sang pengguna.

Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR sekaligus anggota GEBRAK, Dr. drg. Amaliya, M.Sc, PhD menyatakan vape sangat berbeda dengan rokok konvensional. Pasalnya, vape sama sekali tidak dibakar sehingga bebas dari tar.

gerakan bebas TAR

“Asap hasil pembakaran rokok adalah tar dan nikotin sementara vape tidak ada tar sama sekali. Semua yang dibakar pasti akan menghasilkan tar. Sementara vape adalah uap yang dipanaskan,” terang drg. Amaliya, dalam acara Gebrak, Selasa (9/4/2019).

Dokter Amaliya menegaskan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Health England, menyatakan bahwa vape 95 persen lebih aman dibandingkan seseorang yang merokok secara konvensional.

“Health england yang didukung oleh perdana menteri mengatakan bahaya vape sudah berkurang sebesar 95 persen dari rokok elektrik. Jadi hanya 5 persen yang masih berbahaya,” lanjutnya.

Lebih lanjut drg. Amaliya juga menjelaskan bahwa seorang perokok akan berpotensi mengalami kematian sel. Namun hal tersebut bisa dihindari dengan mengalihkan kebiasaan menggunakan vape, mengingat kandungan rokok elektrik ini yang lebih aman bagi kesehatan penggunannya.

“Pasalnya air vape terdiri dari air perasa dan nikotin dan lebih aman dari rokok konvensional yang menghasilkan 400 zat berbahaya dan memicu kanker. Rokok yang dibakar menyebabkan kematian sel, sementara vape 90 persen lebih aman dari kematian sel,” tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini