nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Kecanduan Game Online, Ibu Kaget Lihat Tagihannya Rp 11 Juta

Rahma Yulita, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 16:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 09 612 2040988 anak-kecanduan-game-online-ibu-kaget-lihat-tagihannya-rp-11-juta-iACo8n3r4v.jpg Main Game Online (Foto: Pixabay)

SEMAKIN berkembangnya zaman, semakin canggih pula teknologi yang ada dan para penggunanya. Zaman sekarang, anak-anak ibaratnya sudah lebih pintar daripada orangtua mereka ketika membicarakan tentang teknologi (gadget). Mereka seakan memiliki dunia sendiri saat sedang berkutat dengan gadget mereka.

Tak jarang pula gadget tersebut digunakan untuk mengobrol bersama teman, menonton video di Youtube, dan bermain game online. Karena anak-anak cenderung lebih suka bermain, maka banyak game online yang dimainkan oleh anak-anak. Seperti permainan Mobile Legend, Free Fire, PUBG, dan masih banyak lagi.

Permainan seperti itu umumnya membutuhkan diamond atau koin untuk menaikkan level, dan perlengkapan seperti itu harus dibeli dengan menggunakan uang, agar proses naik levelnya lebih cepat. Namun, hal ini bisa jadi malapetaka, jika tidak dikontrol oleh orangtua.

Baca juga :

Seperti halnya curhat seorang ibu yang kaget setengah mati ketika melihat tagihan kartu pasca bayar yang mencapai total Rp 11 juta! Curhatan ini diposting dari akun Facebook Ririn Ike Wulandari, yang kemudian diposting kembali oleh akun Twitter @gdarkness15 dan mendapatkan retweets hingga 5 ribuan.

Awalnya, Ririn bercerita saat ia kaget bukan main melihat tagihan telepon yang menembus angka Rp 6 jutaan dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Lalu ia mengatakan bahwa anaknya ini memang gemar sekali bermain game online seperti Free Fire, Mobile Legend dan Minecraft.

“Anak saya yang pertama, beli 50rb lewat indom***t, ketahuan pas saya nemu struk tertinggal di motor, beli juga gak bilang2, dan pas saya sakit. Spontan saat emak tau pasti marah2. Dan... semua berlalu.”, curhatnya.

Kemudian, ketika Ririn ingin mencoba bayar tagihan telepon pasca bayar milik suaminya, selalu mendapat pemberitahuan bahwa pembayaran kurang. Ternyata setelah diselidiki, jumlah tagihannya ada Rp 6 juta! Ia pun langsung mengecek email suaminya, dan mendapati banyak sekali tanda terima pembelian diamond dari tiga game online yang ia tulis sebelumnya.

Tidak hanya sampai situ saja, ternyata saat Ririn mengecek Play Store, disana juga ada penambahan metode pembayaran. Lebih mirisnya lagi, ternyata tagihan yang masuk itu belum semuanya, karena masih ada beberapa tagihan yang masih dalam proses. Saat ia mengakumulasikan tagihan yang masuk dan yang masih diproses, ternyata jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh Ririn dan suami sebesar Rp 11 juta.

Segala cara pun ia lakukan untuk mengurangi tagihan yang masuk tersebut. Ririn juga telah mencoba untuk menghubungi baik pihak game dan provider yang ia gunakan, tapi hasilnya tidak terlalu menguntungkan, walaupun dari pihak provider memberikan keringanan cicilan pembayaran.

“Lemes iya, beli kok ya diamond palsu, bukan dari toko emas. Sedekah kok ya unfaedah dan gak ada pahalanya.”, tutupnya dengan kesal.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini