nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms Ini Inspirasi Dapur untuk Sambut Ramadan

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 298 2041750 moms-ini-inspirasi-dapur-untuk-sambut-ramadan-ijsI1csAr0.jpg Inspirasi dapur untuk sambut ramadan (Foto:Ilustrasi/Ist)

DAPUR bisa diibaratkan sebagai jantung sebuah rumah. Berbagai kegiatan yang berkenaan dengan pengolahan makanan berlangsung di sini.

Kegiatan memasak pasti akan meningkat seiring semakin dekatnya bulan puasa. Anda pun akan membutuhkan desain dapur yang sesuai dengan karakter Anda agar betah di dapur selama menyajikan makanan sahur dan berbuka puasa. “Kuncinya, sebelum mendesain harus memikirkan kenyamanan dan keseimbangan untuk melakukan kegiatan di dalamnya. Desain dapur membutuhkan kebersihan dan kerapian ekstra,” ungkap desainer interior Daliana Surya. Agar dapur semakin cantik, pilih juga dekorasi yang sesuai. Dekorasi bisa apa saja. Bisa dengan membeli aksesori baru atau membuat sendiri seperti melukis talenan yang tidak dipakai.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan view yang ada untuk mempercantik rumah. Warna solid pun dapat menjadi senjata efektif untuk membuat dapur cantik. Dengan begitu, menyajikan makanan untuk sahur dan berbuka pun akan lebih semangat. “Tren dapur saat ini banyak menerapkan aksen bata ekspose, di mana batu bata yang dipakai dibiarkan begitu saja tanpa harus dilapisi adonan semen. Tekstur dan tampilan batu bata ekspose membuat hunian lebih hangat, homey, dan unik,” ungkap Daliana. Selain fungsional, dinding backsplash menjadi salah satu elemen penting yang dapat memberikan kesan cantik bagi tampilan interior dapur.

Baca Juga:

Hadirkan Tarian Erotis di Pernikahan Pengantin Malaysia, Netizen: Ini Nikahan atau Sirkus Sih?

5 Penampilan Putra Sultan Brunei, Bikin Wanita Klepek-Klepek!

Pemilihan batu bata ekspose akan membuat dapur Anda terlihat unik dan bergaya industrial. Tidak hanya itu, penggunaan plafon dan furnitur simpel nan fungsional juga mampu menambah daya tarik dapur Anda. Keramik dapur motif bunga tetap menjadi salah satu ide yang sangat digemari dalam proyek dekorasi dapur rumah. “Dengan menerapkan keramik bermotif bunga, kita bisa membentuk dapur dengan gaya yang natural dan seolah dekat dengan alam,” kata Daliana. Sebelum memilih model keramik dapur, sebaiknya ukur terlebih dahulu luas ruang dapur. Anda bisa menggunakan ukuran keramik yang lebih kecil atau besar, tergantung ukuran ruangan dan selera. “Jika bosan menggunakan keramik, alternatif lainnya menggunakan motif kayu. Ini merupakan salah satu yang menarik,” ucapnya.

Walaupun namanya dapur, fungsinya biasanya selalu digunakan untuk dapur bersih saja. Furnitur seperti kulkas dan meja makan mungkin bisa Anda siasati dengan meletakkannya menyatu dengan dinding. Sedangkan, meja makan bisa didesain dengan model minimalis. “Perabotan dapur, seperti lemari, meja makan, atau meja kompor, dapat didesain dengan konsep yang sedikit minimalis. Sebaiknya dalam merancang dapur, hindari menggunakan banyak meja untuk setiap kebutuhan,” ungkap Daliana. Jika Anda sudah merencanakan membuat dapur, sebaiknya buatlah rancangan meja yang multifungsi.

Misalnya, meja kompor tidak harus dibuat dengan coran atau tatakan, tetapi bisa disiasati dengan membuat meja yang di bawahnya dapat dimanfaatkan sebagai laci penyimpanan kebutuhan memasak, seperti minyak dan bumbu dapur lainnya. Seperti kebutuhannya, jangan masukkan meja makan ke dapur. Hal ini akan memberikan efek ruangan semakin sempit dan membatasi ruang gerak Anda saat memasak. Pemilihan warna cerah dapat menambah semangat Anda untuk memasak di dapur idaman. Pemilihan warna gelap mungkin dapat menyelamatkan Anda dari kotor noda dan kusamnya dinding dari cipratan minyak saat memasak. Tetapi, jika Anda menggunakan warna gelap secara keseluruhan tanpa dipadu warna cerah, dijamin Anda akan enggan masuk ke dapur.

Sementara itu, ventilasi sangat dibutuhkan di dapur. Hal ini bisa sedikit mengurangi asap masakan dan bau bumbu yang menyengat agar tidak mencemari udara di ruangan lain. “Sebaiknya menggunakan jenis kompor yang memiliki penetralisasi asap. Hal ini sebagai solusi ventilasi udara yang baik di dapur terbuka,” kata Daliana. Selanjutnya, penambahan aksesori seperti tanaman hijau bisa menjadi aksesori cantik yang akan membuat dapur terbuka Anda semakin hidup dan berwarna.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini