nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infused Water Bisa Bikin Gigi Sensitif, Apa Penyebabnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 08:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 10 481 2041390 infused-water-bisa-bikin-gigi-sensitif-apa-penyebabnya-Vkz1QcSMdA.jpg Infused water bisa picu gigi sensitif (foto: Iperfect Kitchen )

SALAH satu cara menjaga kesehatan gigi adalah rajin membersihkannya setiap hari. Entah itu dengan sikat gigi, berkumur, maupun flossing. Sayangnya, masih belum banyak orang yang menaruh perhatian lebih terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Ambil contoh kebiasaan menyikat gigi. Para ahli menyarankan agar sikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Tujuan dari sikat gigi adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel agar tidak berubah menjadi plak yang dapat merusak gigi.

 BACA JUGA : Kasus Audrey, Cinta Remaja Tidak Realistis yang Memicu Bully!

Akan tetapi, masih banyak orang yang menyikat gigi sebelum sarapan dan setelah mengonsumsi makanan lupa untuk membersihkannya kembali. Begitu juga pada malam hari, tak sedikit yang beranggapan sikat gigi pada saat mandi sudah cukup. Setelah mandi mungkin mereka akan mengonsumsi sesuatu dan kemudian tertidur.

Kebiasaan itu bila berlangsung terus menerus dapat memberikan dampak negatif pada gigi. Sebut saja karang gigi, gigi berlubang, bau mulut, hingga gigi sensitif. Semuanya dipicu oleh bakteri yang menempel dari sisa makanan. Sementara itu, makanan dan minuman seperti es krim, cokelat, kopi, serta minuman manis dapat menyebabkan masalah pada gigi.

 

Tapi tahukah Anda, minuman yang dianggap sehat seperti infused water ternyata bisa membuat gigi menjadi sensitif. Mengapa demikian? Okezone mencoba mencari tahu jawabannya kepada ahli yang tepat, drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros.

"Infused water sebenarnya bagus untuk kesehatan. Tapi yang perlu diperhatikan jenis dan jumlah buah yang digunakan. Misalkan ingin pakai lemon ya cukup satu slice saja, jangan satu buah kita masukin," ujar drg. Andy ditemui dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

Dirinya menjelaskan bila lemon bersifat asam dan apabila dimasukkan ke air akan membuat rasanya menjadi asam. Segala sesuatu yang bersifat asam dapat menyebabkan terjadinya erosi yang mengikis lapisan paling luar gigi yaitu email. Apabila email terkikis, maka lapisannya menjadi lebih tipis sehingga dapat memicu terjadinya gigi sensitif. Belum lagi jika infused water ditambahkan gula, maka dapat menyebabkan terjadinya karies.

 BACA JUGA : Pesona Bripda Marselina, Polwan Cantik yang Bikin Pria Rela 'Diborgol' Hatinya

"Selain itu, infused water juga sebenarnya paling baik langsung diminum setelah dibuat. Kebanyakan orang 'kan bikin pagi lalu didiemin di botol, baru minum lagi di sore atau malam hari, itu salah. Manfaatnya sebenarnya sudah enggak ada, percuma, dan air malah menjadi semakin asam sehingga peluang terjadinya gigi sensitif semakin besar," tandas drg. Andy.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini