nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gigi Sensitif, Amankah Disikat dengan Pasta Gigi Biasa?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 10 481 2041425 gigi-sensitif-amankah-disikat-dengan-pasta-gigi-biasa-NzgC6b3Kmn.jpg Sikat gigi dengan pasta gigi biasa, untuk gigi sensitif amankah? (Foto: Bustle)

GIGI sensitif merupakan salah satu masalah gigi yang dialami oleh banyak orang. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Unilever melalui badan riset independen IPSOS pada tahun 2018, terungkap jika 19% dari total populasi di Indonesia mengalami keluhan gigi sensitif. Artinya, 1 dari 5 orang penduduk pernah mengalami gejala gigi sensitif.

Salah satu ciri yang paling mudah untuk mendeteksi seseorang mengalami gigi sensitif adalah timbulnya rasa ngilu ketika mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Ada dua kategori untuk gigi sensitif yaitu ringan dan berat. Sayangnya, sebagian besar orang yang mengalami ciri gigi sensitif enggan mengambil tindakan untuk mengatasi keluhan.

 BACA JUGA : Heboh Foto Mesra Jedar dan Pacar di Bali, Netizen : Gila Belum Nikah Aja Udah Begini Fotonya!

Gigi sensitif disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama resesi gusi yang terjadi karena adanya infeksi gusi atau gingivitis. Selanjutnya ada abrasi gigi lantaran cara menyikat yang kurang tepat sehingga menyebabkan dentin terbuka dan membuat gigi mudah ngilu. Ketiga, perawatan pemutihan gigi seperti veneer dan bleaching. Terakhir karena adanya erosi gigi lantaran mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar asam tinggi atau berkarbonasi.

"Menentukan penyebab gigi sensitif perlu bantuan dokter gigi untuk diagnosis lebih lanjut. Dokter gigi dapat mengecek dan menentukan langkah untuk mengobati gigi sensitif," ujar drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros saat ditemui Okezone dalam sebuah acara belum lama ini di Jakarta.

 

Di sisi lain, ada orang yang berusaha mengatasi gigi sensitif dengan cara menggunakan pasta gigi khusus. Tapi ada pula yang merasa pasta gigi biasa saja sudah cukup. Lantas bagaimana dampak penggunaan pasta gigi terhadap gigi sensitif?

"Sebenarnya bisa-bisa saja menggunakan pasta gigi biasa. Tapi kalau pasta giginya enggak khusus buat gigi sensitif, rasa ngilu akan tetap ada. Untuk kebersihan gigi dan mulutnya sih tetap terjaga," papar drg. Andy.

 BACA JUGA : Infused Water Bisa Bikin Gigi Sensitif, Apa Penyebabnya?

Dirinya menambahkan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif mengandung bahan tertentu untuk meredakan gejala. "Contoh potasium sitrat yang langsung menghilangkan rasa ngilu dalam waktu singkat. Kemudian ada hidroksilapatit untuk mencegah terjadi lagi rasa ngilu. Lalu ada zinc sitrat yang dapat menurunkan risiko sensitivitas gigi di masa depan," tandas drg. Andy.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini