nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kucing Peliharaan Mengerti Namanya kalau Dipanggil? Ini Kata Peneliti

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 08:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 612 2041383 kucing-peliharaan-mengerti-namanya-kalau-dipanggil-ini-kata-peneliti-IPYsMe6Jr0.jpg Kucing peliharaan (Foto: Youtube)

PUNYA kucing kesayangan di rumah? Tentu Anda beri dia nama terbaik kan? Ya, kalau tidak terbaik, nama lucu-lucuan juga biasanya dipilih. Nama tersebut Anda ucapkan setiap hari dan berharap si kucing menoleh ke Anda.

Kebiasaan ini pastinya dilakukan oleh semua pemilik kucing. Dengan harapan tentunya si kucing nurut dengan "majikannya" dan dengan begitu, dia tidak nakal. Punya nama untuk kucing kesayangan juga tanda Anda memberikan perhatian lebih ke si kucing. Namun, apakah Anda tahu kalau nama tersebut benar bisa dimengerti si kucing?

 BACA JUGA : Hadirkan Tarian Erotis di Pernikahan Pengantin Malaysia, Netizen: Ini Nikahan atau Sirkus Sih?

Dilansir Okezone dari Mirror, seorang peneliti coba membuktikan hal tersebut. peneliti ini berasal dari Sophia University di Jepang dan dia mengatakan, kucing jauh lebih pintar daripada yang kita duga. Kata peneliti, kucing dapat mengenali nama mereka sendiri tetapi beberapa kucing memilih untuk tidak mendengarkan saat dipanggil oleh pemiliknya.

Hasil penelitian dari Sophia University menunjukkan kucing merespon panggilan dengan menggerakkan kepala atau menggerakkan telinga ketika nama mereka dipanggil. Peneliti juga mencoba mengetes dengan cara mengucapkan di tiga kata lain dengan panjang yang sama. Tapi tidak ada reaksi yang diberikan saat kata-kata tersebut diucapkan.

 Tapi tidak ada reaksi yang diberikan saat kata-kata tersebut diucapkan.

"Ada banyak penelitian tentang kemampuan anjing berkomunikasi dengan manusia. Kami pikir penting juga untuk menunjukkan kemampuan kucing. Banyak pemilik kucing tahu kalau kucing peliharaan mereka mengerti nama mereka sendiri. Ternyata kucing memahami isyarat manusia lebih baik daripada yang dipikirkan banyak orang," kata Dr Atsuko Saito, penulis studi tersebut.

Penelitian sebelumnya juga coba menyoroti bagaimana respon hewan lain saat dipanggil manusia termasuk anjing, lumba-lumba, dan burung kakatua. Tetapi sampai sekarang, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kucing dapat memiliki kepintaran yang sama seperti hewan-hewan tersebut.

Meski demikian, penelitian ini juga mendapat tentangan.

"Dalam pandangan saya, penelitian ini tidak memberi tahu kita banyak tentang hubungan kucing-manusia. Misalnya, banyak yang menggunakan mainan kotak biskuit kucing untuk membujuk kucing mereka masuk ke dalam rumah. Ini tentu saja tidak menunjukkan kucing dapat memahami bahasa manusia," kata seorang ahli perilaku anjing dan kucing di Universitas Bristol, Dr John Bradshaw kepada The Guardian.

 BACA JUGA : Menelan Cairan Miss V Beri Manfaat untuk Kesehatan Pria, Ini Buktinya!

So, menurut Anda bagaimana, apakah kucing benar bisa mengenali namanya atau itu sebatas respon dari gerakan yang biasa Anda berikan pada hewan tersebut?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini