nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Balik Ilustrasi Tagar Justice for Audrey, Potret Gambaran Terpojoknya Korban Bullying

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 612 2041682 di-balik-ilustrasi-tagar-justice-for-audrey-potret-gambaran-terpojoknya-korban-bullying-gqbffKz0Ue.jpg Di balik ilustrasi tagar Justice for Audrey (Foto:Ist)

KASUS tindak penganiyaan yang dialami oleh siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) AY (14) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat masih terus ramai bergulir menjadi headline pemberitaan. Di mana para terduga pelaku adalah 12 orang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kabar yang beredar menyebutkan, tindakan penindasan alias bullying tersebut mulanya terjadi karena saling sindir di media sosial terkait hubungan asmara salah satu pelaku dengan kakak korban.

Kasus ini sendiri diketahui pertama kali mencuat di linimasa Twitter, kemudian seiring dengan viralnya kasus, beredar unggahan tagar beserta ilustrasi gambar. Gambar karikatur yang memperlihatkan potret seorang gadis remaja dengan rambut ikal keriting warna hitam, mengenakan baju berwarna putih, tersemat pula bando warna putih di rambutnya.

Baca Juga:

Terduga Pelaku Penganiayaan Audrey Posting "Boomerang" di Kantor Polisi, Psikolog Analisis Kejiwaan Mereka!

Pesona Bripda Marselina, Polwan Cantik yang Bikin Pria Rela Diborgol Hatinya

Warna kulit sang gadis remaja, digambarkan dengan warna kuning mustard berhiaskan coretan-coretan banyak kata berwarna hitam keabu-abuan, tepatnya menjurus pada ujaran bernada kebencian. Beberapa di antaranya adalah,

“Just look at her”,

 

“Did you see that she’s fucking ugly,”

 

“No boys ever asking you out,”

 

“I think im going to vomit,”

 

“It’s so gross,”

 

“Just be poor”

 

Jika dilihat lebih seksama lagi, terlihat sang gadis remaja di dalam potret gambar ilustrasi tersebut menunjukkan ekspresi wajah sedih, wajahnya tertunduk lesu, seolah dengan jelas mewakili perasaan dan ekspresi ketakutan, bingung, dan cemas yang biasanya dirasakan oleh korban tindak penindasan.

Tak hanya itu, tepat di seluruh sisi bingkai gambar, ada gambar banyak jari tangan warna hitam tengah menunjuk sang gadis. Apakah jari-jari tangan yang menunjuk-nunjuk, menyudutkan ini sebagai perwakilan dari apa yang dilakukan oleh para pelaku tindak bully kepada korban?

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan lebih lanjut yang menyebutkan dengan jelas siapakah sebenarnya sosok illustrator di balik gambar karikatur yang tengah viral ini.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini