nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangka Berapa Tahun Audrey Bisa Sembuh Trauma? Ini Jawabannya Ahli!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 08:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 11 196 2041871 jangka-berapa-tahun-audrey-bisa-sembuh-trauma-ini-jawabannya-ahli-MJMO8EX6i5.jpg Trauma Bullying (Foto: Pixabay)

KASUS penganiayaan yang dialami Audrey, siswi SMA di Pontianak, Kalimantan Barat, mendapat perhatian dari sejumlah pihak. Melalui akun instagram pribadinya, Presiden Joko Widodo mengecam keras kasus perundungan yang terjadi pada anak.

“Kita semua sedih dan marah dengan kejadian ini. Saya telah meminta Kepala Kepolisian RI untuk bertindak tegas menangani kasus ini. Penanganannya harus bijaksana dan berjalan di koridor undang-undang yang sesuai, mengingat para pelaku dan korban masih di bawah umur,” tulis Jokowi.

Sementara itu, Psikolog Oriza Sativa mengatakan, kemungkinan besar Audrey akan mengalami trauma berat, jika ada pihak yang menanyakan sejumlah pertanyaan tentang kejadian nahas yang baru saja dialaminya. Hal ini tentu menjadi sebuah dilema bagi pihak terkait, terutama kepolisian yang hendak melakukan investigasi lebih lanjut.

Baca juga :

“Melihat kejadian yang dialami Audrey, dia pasti trauma, mengalami insecure, dan stres. Biasanya setelah kejadian ini, pasien cenderung susah makan, susah tidur, mimpi buruk, shock berat, dan tidak bisa bergaul,” tutur Oriza Sativa saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Rabu (10/4/2019).

Oriza menyarankan agar pihak keluarga terlebih dahulu memenuhi kebutuhan dasar Audrey bila ingin sang buah hati sembuh dari trauma. Bisa dimulai dari memberikan rasa aman dan nyaman, serta pastikan pula kebutuhan ADL-nya (Activity of Daily Living) terpenuhi seperti makan, tidur, dan ibadah.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk memulihkan kembali kondisi psikologis Audrey? Apakah ia membutuhkan konseling?

Oriza menegaskan, sebaiknya dalam satu bulan kedepan, Audrey harus memperbaiki terlebih dahulu kondisi fisiknya. Jika terburu-buru memberikan bimbingan konseling, justru dapat memperparah keadannya.

Pasalnya, seseorang yang baru saja mengalami kasus penganiayaan membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan untuk beradaptasi agar kesehatan mentalnya kembali seperti sedia kala.

“Kasih dia waktu beri ruang ketenangan jiwa. Keluarga terdekat juga harus memberikan bukti bahwa dia aman, ‘secure basic need’ harus ditanamkan dulu. Kira-kira butuh 1 bulan biar dia sembuh dulu, mengingat si pasien masih mengalami ‘acute stres reaction’,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini