nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Mudah Ayah Tingkatkan Kedekatan Emosional dengan Bayi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 11:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 11 196 2041927 ini-cara-mudah-ayah-tingkatkan-kedekatan-emosional-dengan-bayi-PGQS8upwVo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMIJAT bayi memang tidak populer di kalangan orangtua saat ini. Banyak yang memilih mempercayakannya kepada orang yang lebih berpengalaman, dibandingkan melakukannya sendiri.

Padahal, pijatan untuk bayi sekarang dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi, dan tidak harus dilakukan oleh tenaga profesional. Orangtua, baik ayah maupun ibu, dapat melakukan pijat bayi dengan mudah di rumah.

Fokus utama dari pijat bayi bukan semata pada teknik atau membuat tubuh menjadi rileks. Ketika pijatan dilakukan, terjadi skin to skin contact alias kontak fisik. Seperti yang diketahui, kontak fisik dapat meningkatkan kedekatan emosional di antara dua pihak, termasuk antara bayi dengan orangtua.

Menurut dokter spesialis anak, dr Utami Roesli, SpA, CIMI, IBCLC, FABM, pijat bayi dapat dimanfaatkan oleh ayah untuk membangun kedekatan dengan bayinya.

Baca Juga: Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantikkan Mana?

"Pada ibu, kedekatan itu terjadi saat direct breastfeeding dengan adanya sentuhan dan kontak fisik. Ayah juga bisa melakukannya dengan cara pijat karena di situ terjadi eye to eye contact dan skin to skin," tutur dr Utami saat ditemui Okezone dalam acara peluncuran program 'Sentuhan Cinta'.

Dari segi fisik, pijat bayi dapat memperkuat imunitas, melancarkan peredaran darah, melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan makanan, dam menambah kepadatan tulang. Sedangkan dari segi psikologis, pijat dapat mengurangi kerewelan bayi. Pijat bayi juga dapat membantu memperlancar pemberian ASI.

“Ketika ayah dengan bayi membangun kedekatan melalui pijat, di situ tercipta perasaan nyaman dan bahagia karena tubuh mengeluarkan hormon oksitosin. Ibu yang melihat kegiatan antara suami dengan anaknya juga bisa merasa terenyuh sehingga memicu hormon oksitosin. Hormon itu pula yang pada akhirnya membuat ibu memenuhi kebutuhan ASI pada bayinya,” jelas dr Utami.

Baca Juga: Ifan "Seventeen" Unggah Foto Audrey Tanpa Disensor, Kak Seto: Sangat Tidak Dibenarkan

Selain itu, pijat bayi juga merangsang indera pada bayi yang merupakan kunci bagi kesehatan. Akan tetapi, untuk melakukan pijat bayi ada hal-hal yang harus diperhatikan. Salah satunya kondisi kesehatan bayi.

“Pijat bayi diperuntukkan bagi bayi yang sehat untuk mencegah datangnya sakit. Tapi kalau bayi itu demam, pilek, itu artinya dia sedang tidak sehat jadi tidak dianjurkan untuk pijat,” pungkas dr Utami.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini