nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Profesi Doula, Sama Gak Sih dengan Pengasuh Anak?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 11 196 2041964 mengenal-profesi-doula-sama-gak-sih-dengan-pengasuh-anak-iEf0cWXCen.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu belakangan, profesi doula mulai mendapat perhatian dari masyarakat. Terlebih, tak sedikit influencer yang memanfaatkan jasa doula pada saat kehamilan hingga melahirkan. Lantas, apakah sebenarnya doula itu?

Melansir Independent, doula adalah orang yang terus menerus memberikan dukungan untuk keluarga pada saat kehamilan, kelahiran, dan hari-hari awal menjadi orang tua.

Menurut Journal of Perinatal Education, kata doula berasal dari bahasa Yunani dan secara luas untuk menggambarkan seorang perempuan berpengalaman tentang kehamilan dan kelahiran. Doula bisa dikatakan sebagai pelatih kelahiran serta pemberi dukungan praktis dan emosional.

Doula mengisi peran yang selalu dibutuhkan ibu dan keluarga baru. Mereka ada untuk mendengarkan, memberi kepercayaan diri, dan tidak menghakimi.

Baca Juga: Ifan "Seventeen" Unggah Foto Audrey Tanpa Disensor, Kak Seto: Sangat Tidak Dibenarkan

Biasanya profesi doula ditekuni oleh seorang perempuan berpengalaman yang telah menyelesaikan beberapa pelatihan dasar dalam praktik melahirkan dan menyelesaikan proses sertifikasi. Namun, mereka tidak menawarkan keterampilan klinis dan tidak terlatih secara medis.

Secara umum, doula terbagi menjadi dua kategori yaitu doula kelahiran dan doula pascanatal. Doula kelahiran berperan untuk mendukung ibu hamil dan keluarga yang bersiap menghadapi kelahiran.

Mulai dari rencana melahirkan normal, secara caesar, atau melahirkan di rumah. Dalam bulan-bulan menjelang kelahiran, doula biasanya akan bertemu dengan calon ibu dan keluarganya.

Baca Juga: Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantikkan Mana?

Selama masa tersebut, ibu hamil memiliki kesempatan untuk mendiskusikan masalah apa saja termasuk menyangkut preferensi melahirkan. Menjelang akhir kelahiran, biasanya sekitar 38 minggu, doula akan siap sedia kapanpun bila dibutuhkan. Doula datang ke lokasi ibu hamil hendak melahirkan.

Di sana doula membantu ibu hamil mendapatkan kenyamanan melalui teknik pernapasan, relaksasi, gerakan, dan posisi hingga bayinya lahir. Doula juga biasanya turut serta dalam proses kelahiran untuk memberikan dukungan.

Sedangkan doula pascanatal atau setelah kelahiran biasanya akan tinggal bersama klien sampai keluarga merasa puas. Bantuan doula biasanya berkisar menjaga bayi selama ibu dan ayahnya tertidur. Setelahnya doula bisa kembali mengunjungi klien untuk mengecek keadaan. Doula bisa memberikan saran untuk cara perawatan bayi hingga menu makanannya kelak.

Tugas doula berbeda dengan pengasuh sebab mereka tidak akan merawat bayi. Mereka hanya memberikan saran-saran yang dianggap berguna dan mendukung klien menjadi orangtua yang kamu inginkan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa doula, biaya yang harus dikeluarkan berbeda-beda. Semua itu tergantung dari daerah tempat bekerja, tingkat pengalaman, biaya, dan pelayanan yang dikeluarkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini