nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Modus Pemerasan Berkedok Video Call Mesum, Perempuan Harus Waspada!

Aris Wardani, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 19:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 196 2042120 viral-modus-pemerasan-berkedok-video-call-mesum-perempuan-harus-waspada-VNVThpwWSg.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

Ada saja ulah untuk melakukan tindakan kejahatan di era pesatnya media digital. Bukannya menggunakannya untuk kebaikan, malah sebaliknya.

Bagi para perempuan, berhati-hatilah bila mengangkat video call dari nomor tak dikenal atau yang tidak Anda simpan di dalam kontak handphone. Kisah pelecehan seksual dan kasus pemerasan melalui video call pada era digital seperti ini sudah marak terjadi.

Ada beberapa kejadian yang dialami oleh perempuan dan menjadi viral setelah dibagikan melalui Facebook. Salah satu yang mengalami kejadian seperti ini adalah Syifa Aulia.

Awalnya seorang wanita dengan nama akun Facebook Syiifa Aulia membagikan kisah bahwa dirinya baru saja mendapatkan panggilan video call dari nomor tak dikenal. Namun setelah diangkat, dirinya mendapati bahwa si penelepon tersebut menunjukkan kemaluannya.

 Baca Juga: Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantik Mana?

Disebutkan dalam unggahannya, sih penelpon akan men-screenshots (menangkap layar) untuk mendapatkan foto wajah korban seakan-akan mereka melakukan video call mesum, lalu foto tersebut digunakan untuk memeras korbannya.

Menurut Syiifa Aulia pelaku bakal mengancam menyebarkan foto muka korban jika tak membayar sejumlah uang. Kisah ini dibagikan korban melalui akun Facebooknya, pada Sabtu, 6 April lalu.

"FYI, Jadi udah ada beberapa kasus cewek-cewek yang diteror sama nomor-nomor gak dikenal. Saat VC otomatis langsung kita angkat dan langsung ke muka kan? Nah si penjahat ini langsung ss muka kita sama pas dia lagi megang alat vitalnya. Itu modus buat meras si korban. Jadi si korban bakal diancem disebar mukanya saat vc sama si penjahat ini. Jadi tolong kalau ada nomor tak dikenal. Langsung arahin ke arah atas dulu (Jangan di muka) ini beneran. Kemarin cuma baca2 para korban aja di facebook. Eh gua beneran kena Astaghfirullah.

 

Nyari duit gitu amat ya orang. Dasar Binatang!!!" tulis korban di dalam status whatsapp-nya. Tidak lupa juga ia membagikan screenshot nomor whatsapp pelaku kejahatan tersebut.

 Baca Juga: Ifan "Seventeen" Unggah Foto Audrey Tanpa Disensor, Kak Seto: Sangat Tidak Dibenarkan

"Ini benerannnnnnnnn. Kemarin2 cuma baca2 yang pda jadi korban. Skrg malah jadi korban. Untung masih inget masih waspada langsung arahin kamera keatas.

 

Slalu waspada buat para cewek2 . Jgn asal angkat vcan nomor gak dikenal ya. Kalopun mau angkat kameranya usahain jgn diarahkan kemuka. Masih merinding yaAllah. Kalo info ini penting gpp dishare. Supaya lebih banyak perempuan2 yg waspada”, tulis Syifa dalam unggahan Facebooknya tersebut.

Jadi untuk para kaum perempuan bila mendapatkan sebuah vc dari nomo yang tidak dikenal, maka sebaiknya harap berhati-hati agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini