nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Penampakan Lubang Hitam, Pertama Kalinya Tertangkap Kamera

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 16:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 406 2042085 inilah-penampakan-lubang-hitam-pertama-kalinya-tertangkap-kamera-xrgJqWJsxw.jpg Penampakan lubang hitam yang tertangkap kamera (Foto: EHT Collaboration)

Ada perkembangan terbaru yang menggegerkan dunia science. Para astronom untuk pertama kalinya berhasil mengambil foto lubang hitam yang terletak di galaksi yang jauh dari bumi.

Lubang hitam ini memiliki garis tengah 40 miliar kilometer atau sekitar tiga juta kali ukuran bumi dan digambarkan oleh para ilmuwan sebagai "monster".

Jarak dari bumi sekitar 500 juta triliun kilometer dari bumi dan difoto dengan menggunakan jaringan delapan teleskop yang terletak di beberapa tempat dunia.

Rincian mengenai lubang hitam itu diterbitkan hari Rabu (10/04) di Astrophysical Journal Letters. Profesor Heino Falcke, dari Radboud University di Belanda, yang mengusulkan proyek eksperimen ini menyatakan kepada BBC bahwa lubang hitam itu ditemukan di galaksi yang disebut sebagai M87.

 Baca Juga: Ifan "Seventeen" Unggah Foto Audrey Tanpa Disensor, Kak Seto: Sangat Tidak Dibenarkan

"Yang kita lihat itu lebih besar ukurannya dari keseluruhan ukuran sistem tata surya kita," katanya.

"Ia memiliki massa sekitar 6,5 miliar kali massa matahari kita. Dan ini merupakan lubang hitam terberat yang kami perkirakan ada. Lubang hitam ini sungguh-sungguh seperti monster, termasuk lubang hitam kelas berat di seluruh jagat raya," kata Falcke.

Foto itu memperlihatkan "cincin api" sangat terang, sebagaimana digambarkan Profesor Falcke, mengelilingi lubang gelap berbentuk lingkaran sempurna. Cahaya halo yang terang ini disebabkan oleh gas superpanas yang jatuh ke dalam lubang hitam itu.

 Baca Juga: Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantik Mana?

Sinar terang ini bahkan lebih terang daripada cahaya miliaran bintang di galaksi digabungkan jadi satu, itulah kenapa lubang hitam ini bisa dilihat dari jarak yang sangat jauh seperti bumi.

Pinggiran dari lingkaran gelap di tengah lubang hitam itu adalah titik di mana gas memasuki lubang hitam. Lubang hitam itu sendiri adalah sebuah objek yang memiliki gravitasi yang sangat kuat, sedemikian kuatnya sehingga cahaya sekali pun tersedot ke dalamnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini