nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Langsung Megahnya Jewel Changi Airport Singapura, Serasa di Hutan Modern

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 406 2042088 melihat-langsung-megahnya-jewel-changi-airport-singapura-serasa-di-hutan-modern-KJ2PraiABN.jpg Jewel Changi di Bandara Singapura (Foto: Sukardi/Okezone)

BANGUNAN dengan arsitektur kubah berdinding kaca berdiri megah di antara Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 Changi Airport. Dengan luas area 135.700 meter persegi, Jewel Changi Airport menjadi pusat hiburan baru di Singapura.

Fasilitas ini baru akan dibuka untuk umum pada 17 April 2019, namun Okezone berkesempatan untuk melihatnya langsung sebelum "potong pita" itu dilakukan. Bagaimana pengalaman saya mengunjungi bangunan yang memiliki air terjun dalam ruangan terbesar di dunia ini?

Okezone tiba di Jewel Changi Aiport pukul 9 pagi. Masih belum banyak orang yang datang. Ini tentunya memberi nilai plus karena eksplorasi bisa berjalan dengan santai.

 

Kita mulai dari desain bangunan. Di dalam Jewel, Anda akan melihat kesan modern dipadukan dengan kearifan lokal dari Singapura itu sendiri. Jadi, bisa dibilang, ada sensasi berbeda saat Anda ke sini, terlebih udara segar dari air terjun bisa dirasakan dari dalam Jewel.

Penampakan pertama yang membuat semua orang penasaran tentu saja air terjun yang diberi nama HSBC Rain Vortex. Atraksi ini tercatat sebagai air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia dengan ketinggian 40 meter atau menjulang di 5 lantai keseluruhan Jewel. Di sekelilingnya Anda akan merasakan seperti berada di dalam hutan rindang yang tentu semua sekitar 2.000 tanamannya adalah asli.

 Baca Juga: Berbekal Celengan Babi, Bocah 8 Tahun Kabur dari Rumah untuk Menjelajahi Dunia

Pohon yang tumbuh di dalam Jewel berasal dari 120 spesies yang berbeda dan itu semua berasal dari Australia, China, Malaysia, Spanyol, Thailand, dan Amerika Serikat. Tentu, bunga anggrek khas Singapura pun ada di dalam bangunan yang kini jadi incaran masyarakat dunia untuk dikunjungi.

Terkait dengan tanaman yang menjadi "nadi" dari Jewel Changi Airport, Chief Executive Officer Jewel Changi Airport Hung Jean menjelaskan, pihaknya memilih tanaman itu untuk ditampilkan di Jewel dengan berbagai pertimbangan.

 Baca Juga: Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantik Mana?

"Tentu masalah estetika menjadi poin penting, tapi tidak hanya itu, tanaman yang dipilih pun dipastikan bisa hidup di dalam ruangan dan memberikan oksigen yang sehat untuk para pengunjung," terangnya dalam konfensi pers pembukaan Preview Jewel Changi Airport di Singapura, Kamis (11/4/2019).

Bahkan, tanaman-tanaman ini banyak yang akhirnya mesti dipangkas dulu supaya ukurannya bisa sesuai dengan Jewel. Terlepas dari tanaman yang tumbuh subur dan sehat di dalam Jewel, keindahan mereka semakin sempurna dengan kehadiran air terjun yang sangat megah di tengah-tengah bangunan. Tidak hanya itu, di beberapa sudut bangunan juga tanaman ini ditempatkan dan memberi nilai estetik yang menarik.

Canopy Park

Jewel Changi Airport dapat dinikmati oleh semua pengunjung Changi Airport tentunya. Masyarakat Singapura pun bisa datang untuk sekadar mengunjungi Jewel tanpa harus membeli tiket alias gratis.

Namun, ada satu bagian di dalam Jewel yang ternyata tidak bisa cuma-cuma dinikmati. Adalah Canopy Park. Ini adalah taman indah di lantai paling atas Jewel. Ada apa saja di sana?

 

Okezone pun diajak mengunjungi Canopy yang notabene beberapa atraksi di dalamnya baru bisa dinikmati pada 10 Juni 2019. Di sana, Anda bisa menikmati kafe yang kalau malam tiba, Anda serasa berada di bawah bintang langsung karena atap bangunan ini sekali lagi terbuat dari kaca. Belum berhenti di sana, sensasi makan malam di tengah hutan pun bisa Anda rasakan di sini.

Terkait dengan atraksi yang bisa memberikan pengalaman luar biasa, Anda bisa menjajal Hedge Maze, Foggy Bowls, dan beberapa wahana lainnya yang juga pastinya akan memberi Anda kesempatan untuk bahagia dengan cara yang berbeda.

 

"Kami memberikan fasilitas selengkap ini tentunya dengan harapan agar pengunjung semakin puas dengan pelayanan Changi Airport Group (CAG) dan tentunya supaya para wisatawan mau kembali lagi ke Singapura," tutur Hung Jean.

Akses menuju Jewel

Karena Jewel berada di tengah-tengah Changi Airport, tentunya Anda bisa mengakses Jewel dari semua terminal. Namun, ada beberapa panduan khusus yang bisa Anda perhatikan.

Jika Anda datang dari Terminal 1, maka Jewel bisa diakses dari pintu kedatangan. Tinggal jalan saja, Anda akan sampai. Kemudian, Jika Anda dari Terminal 2 dan Terminal 3, maka Anda bisa mengakses Jewel melalui link bridge yang bisa Anda temui dari denah yang tersedia. Ini diaksesnya dengan jalan kaki dan tidak lebih dari 10 menit.

 

Sementara itu, bagi Anda yang datang dari Terminal 4, maka Anda harus menggunakan layanan shuttle bus ke Terminal 2 dan setelah itu Anda mengakses Jewel dari link bridge. Ada yang menarik, untuk Anda yang mau menikmati Jewel dari dalam sky train, maka Anda bisa menggunakan sky train yang ada di Terminal 2 menuju Terminal 3. Sangat mudah dan tentunya memberikan pengalaman yang berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini