nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Berjanggut dan Berambut Gondrong Cenderung Miliki Mr P Kecil

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 02:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 481 2042081 pria-berjanggut-dan-berambut-gondrong-cenderung-miliki-mr-p-kecil-sBgor4cCuZ.jpg Pria Berjanggut dan Gondrong Punya Testis Kecil (Foto: Boldsky)

SEBAGIAN pria mungkin berpendapat akan terlihat lebih macho apabila memiliki rambut dan jenggot yang panjang. Wajah seorang pria mungkin akan terlihat lebih sangar dan semakin berwibawa apabila memelihara jenggot. Namun, ada sebuah hal menarik yang berhubungan dengan rambut wajah seseorang yang masih jarang diketahui.

Sebuah studi baru mengklaim bahwa pria dengan rambut wajah yang lebih panjang kemungkinan besar memiliki testis yang lebih kecil daripada mereka yang tidak. Penemuan ini tidak hanya berlaku pada manusia, melainkan lebih dari 100 primata lainnya.

Tim-tim dari University of Western Australia yang melakukan penelitian mengatakan bahwa seorang pria dapat terlihat menarik dengan bulu wajah yang mereka miliki, namun sangat sulit untuk mendapatkan keuntungan kedua yang berkaitan dengan testis.

Sebagaimana diketahui, hewan dapat menginvestasikan energi untuk menarik perhatian betina dengan jenggot yang mengesankan. Namun, ada pula dari mereka yang menghabiskan energi untuk menumbuhkan gonad yang lebih besar.

Baca juga :

Berarti laki-laki dengan janggut dan rambut yang cenderung panjang akan memiliki testis yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki banyak bulu di wajahnya. Sebagai contohnya, dalam dunia primata, perbedaan sangat mencolok dari bentuk pantat babon yang cerah, ada pula dari mereka yang memiliki pantat polos tapi testis yang lebih besar.

Ahli primata dan penulis penelitian, Cyril Grueter dari University of Western Australia, mengatakan ukuran testis sangatlah bervariasi dan terkait dengan penampilan seorang pria.

“Beberapa spesies (Primata) memiliki bentuk fisik seperti jenggot, surai, jubah bulu dan flensa pipi serta berbagai corak warna pada wajah dan bulu mereka. Namun beberapa diantaranya ada yang terlihat biasa saja. Ini menunjukkan bahwa setiap makhluk hidupa dapat diperindah dan dianugerahi dengan baik, tapi sulit untuk mendapatkan keuntungan dari keduanya,” sebagaimana dilansir Daily Mail, Jumat (12/4/2019).

Temuan ini berasal dari sebuah penelitian yang melihat ukuran testis lebih dari 100 spesies primate dan menemukan gonad dengan ukuran bervariasi tergantung dengan jenis hewan. Hewan dengan testis terkecil memiliki gonad sebesar lada, sementara yang terbesar bisa sebanding dengan bola tenis.

Para peneliti menjelaskan bahwa laki-laki yang memiliki gonad buruk mengerahkan seluruh energinya untuk menatik pasangan menggunakan jenggot atau rambut yang panjang dan tidak menyisakan investasi pada alat kelamin mereka.

Para peneliti memilih untuk mempelajari ukuran testis primata karena sangat bervariasi pada populasi yang berbeda. Mencoba untuk memiliki penampilan mengesankan dan gonad yang besar membutuhkan terlalu banyak energi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini