nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Cerdas agar Anak Tidak Kecanduan Main Gadget

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 11 481 2042173 kiat-cerdas-agar-anak-tidak-kecanduan-main-gadget-dBtVvuCpni.jpg Ilustrasi (Foto: Themalaymailonline)

AHLI gizi selebriti Rujuta Diwekar mengatakan orangtua harus mengatur waktu penggunaan gadget untuk mendorong pertumbuhan anak-anak dan mencegah anak dari penyakit akibat kecanduan gadjet.

Dilansir dari Thehealthsite, sangat kecil kemungkinan anak-anak Anda tidak terlepas dari gadget. Anak-anak zaman sekarang banyak sekali yang sudah kecanduan gadget.

Karenanya, penting bagi orang tua untuk memantau anak-anaknya dalam penggunaan gadget. Tahukah Anda penggunaan gadget yang berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan anak-anak Anda? Dari obesitas hingga mata kering dan depresi hingga gangguan pertumbuhan otak anak, penggunaan gedget berlebihan membuat kekacauan pada anak-anak kita.

Apakah anak Anda baru saja menggunakan gadget elektronik dan menggunakannya terlalu lama, Anda perlu mengambil langkah-langkah tertentu seperti memantau anak-anak anda.

anak main gadget

Berikut adalah tips untuk mengurangi penggunaan gadget anak – anak anda menurut ahli gizi selebriti Rujuta Diwekar, yang keluar di buku barunya Notes to Healthy Kids:

1. Tidak ada gadget pada saat makan - Ini akan memastikan bahwa anak belajar memperhatikan makanan dan tetap focus pada makanannya. Ini akan meningkatkan napsu makan anak dan mencegah makan berlebih di masa mendatang. Ini juga akan menanamkan pentingnya waktu makan.

2. Tidak ada gedget setidaknya 60 menit sebelum tidur - Ini akan memastikan anak-anak anda tidur dengan nyenyak, Tidur dengan nyenyak sangat penting untuk pemulihan dan pertumbuhan pada usia dini. Hormon pertumbuhan bekerja pada saat mereka saat tidur.

 Penggunaan gadget sebelum tidur juga dapat mengakibatkan gangguan tidur hal itu dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada anak-anak maupun orang dewasa. Rujuta Diwekar juga menyarankan agar tidak menaruh TV di kamar tidur karena ada hubungan yang kuat antara memiliki TV di kamar tidur dan penyakit seperti obesitas di masa kecil yang telah menjadi seperti epidemi (penyakit yang menular).

3. Kurang dari 30 menit total waktu penggunaan gadget setiap hari - Ini dapat menjauhkan anak Anda dari penyakit yang mengintai karena penggunaan layar berlebihan. 

Studi menunjukkan hubungan yang kuat antara waktu penggunaan layar dan keinginan untuk makan-makanan yang minim gizi, terutama minuman manis seperti cola, jus kemasan, dll. Serta, lebih banyak waktu penggunaan gedget, lebih sedikit aktivitas fisik yang kemudian dapat menyebabkan resistensi insulin di kemudian hari.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini