nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Pernah Sikat Gigi, 18 Gigi Anak Ini Membusuk

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 20:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 11 481 2042186 tidak-pernah-sikat-gigi-18-gigi-anak-ini-membusuk-zrfuEoTZGX.jpg 18 gigi anak membusuk (Foto:Asiaone)

SEORANG dokter gigi asal Thailand membuat geger warga Facebook setelah memposting sebuah imbauan mengejutkan. Ia mengingatkan kepada para orangtua tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi anak.

Unggahan tersebut tak terlepas dari sebuah kejadian tragis yang dialami oleh seorang bocah laki-laki berusia 4 tahun. Menurut pengakuan Sathian Ken Suravisankul, seorang dokter gigi di Phuket, ia terpaksa mencabut 18 gigi bocah malang itu setelah mengalami pembusukan.

 

Dilansir Okezone dari AsiaOne, Kamis (11/4/2019), kejadian tragis itu ternyata disebabkan oleh kebiasaan minum susu yang sering dilakukan oleh bocah tersebut. Ken mengatakan, sang bocah selalu menolak menggosok giginya setelah meminum susu.

Baca Juga:

Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantik Mana?

Pesona Bripda Marselina, Polwan Cantik yang Bikin Pria Rela Diborgol Hatinya

Pada unggahannya, Ken merasa iba melihat kondisi sang bocah yang harus menahan rasa sakit selama operasi pencabutan 18 gigi berlangsung. Kini ia hanya memiliki dua buah gigi yang berada di rahang sebelah kiri dan kanannya.

Dilaporkan pula bahwa sang bocah sering tidur dalam kondisi botol susu masih menempel di mulutnya. Mengingat ia tidak pernah menggosok gigi setelah menyantap makanan, gigi di dalam mulutnya pun mulai membusuk.

 

Kendati demikian, Ken tidak menyalahkan pihak orangtua karena sejatinya mereka hanya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Ia justru menduga proses pembusukkan pada gigi dan gusi anak itu juga disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk tingkat air liur yang ia miliki.

Ken mengimbau agar para orangtua tidak membiarkan anak-anak mereka menggunakan botol susu dan dot dalam waktu lama. Mereka juga harus mendorong anak-anak tentang pentingnya menyikat gigi secara teratur.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini