nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuma Mitos, Narkoba Bisa Jadi Dopping Stamina

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 20:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 11 481 2042211 cuma-mitos-narkoba-bisa-jadi-dopping-stamina-O8Xc4ANipU.jpg Narkoba dianggap dopping stamina (Foto:Okezone)

SERINGKALI narkoba dikaitkan dengan dopping stamina bagi sebagian orang. Apalagi di kalangan artis, barang terlarang itu sering dijadikan tameng untuk bangkitkan kebugaran tubuhnya.

Seperti pengakuan Artis FTV Agung Saga, dia berdalih memakai narkoba untuk pembangkit stamina. Selebriti satu ini lagi apes, karena transaksi narkotika yang dilakukan terciduk oleh polisi.

Padahal untuk membangkitkan energi, seharusnya tidak konsumsi narkoba. Ketika letih, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Bukan malah konsumsi barang haram tersebut.

Dijelaskan Psikolog Melly Puspita, artis sangat mudah kecanduan narkoba walau sekali mencobanya. Sayangnya, mereka selalu mengandalkan narkoba demi menjaga stamina tubuhnya.

"Jika badan sudah terasa letih, tandanya harus istirahat, bukan dengan menggunakan narkoba. Jadi badan dipaksa untuk terus bekerja," ucapnya saat dihubungi Okezone, Kamis (11/4/2019).

Baca Juga:

Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantik Mana?

Ifan "Seventeen" Unggah Foto Audrey Tanpa Disensor, Kak Seto: Sangat Tidak Dibenarkan

Lalu adakah stimulan yang menjadikan tubuh jadi bugar setelah konsumsi narkoba? Menurut Kasi Media Tradisional, Deputi Bidang Pencegahan BNN, Ahmad Soleh, narkoba yang dipercaya sebagai penambah stamina itu cuma mitos.

"Mitos itu, tidak benar bisa menambah stamina," kata Ahmad Soleh.

Sayang, masyarakat seringnya menyalahgunakan narkoba, termasuk dari kalangan selebriti. Anda juga harus memahami dampak buruk dari narkoba.

Mulai dari terjadinya perubahan perilaku sampai bisa merusak saraf, terutama di bagian otak. Efek kecanduan ini juga membuat seseorang mengalami keanehan dalam dirinya.

Kemudian, pengguna narkoba biasanya hidupnya tidak sehat, serta pengaruh fisiknya jadi berubah. Misalnya tubuh jadi kurus dan bagian matanya akan cekung.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini