nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bulu Mata Rontok Gara-Gara Maskara Waterproof, Ini Sebabnya

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 611 2042141 bulu-mata-rontok-gara-gara-maskara-waterproof-ini-sebabnya-vzmQz9HnXS.jpg Maskara jadi penyebab bulu mata rontok (Foto: Stylecraze)

MAKE-UP merupakan salah satu bahan andalan wanita untuk menyempurnakan penampilan. Salah satu yang membuat penampilan berubah adalah riasan di sekitar mata, seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara. Ya, maskara merupakan kosmetik yang dibutuhkan untuk membuat bulu mata lentik sempurna.

Sayangnya, pemakaian maskara jelas tidak boleh sembarangan. Anda tidak disarankan memakai maskara setiap hari. Terlalu sering memakai maskara justru berakibat buruk bagi bulu mata. Memakai maskara, khususnya yang tahan air alias waterproof, setiap hari membuat bulu mata rapuh dan mudah rontok.

BACA JUGA : Lihat Transformasi Briptu Eka saat Hamil dan Sebelum Hamil, Cantikkan Mana?

Dikutip dari Boldsky, maskara waterproof mengandung bahan yang membuat bulu mata kaku dan mudah rontok. Anda harus melakukan perawatan ekstra jika menggunakannya setiap hari. Sebab, maskara ini sulit dibersihkan dengan air. Jadi, pasti akan ada bulu mata yang tercabut dalam proses pembersihan.

  Jadi, pasti akan ada bulu mata yang tercabut dalam proses pembersihan.

Formula yang tahan lama membuat bulu mata lentik maksimal setelah dipoles dengan maskara waterproof. Jika dipakai terus menerus, bisa saja kelopak mata teriritasi dan menimbulkan rasa gatal. Selain itu, pemakaian maskara waterproof menjadikan bulu mata sebagai tempat bersarangnya bakteri.

Hasil penelitian yang dimuat di International Journal of Cosmetic Science menemukan 79 persen dari 40 maskara yang menjadi sampel terkontaminasi bakteri. Adapun jenis bakteri itu adalah Staphylococcus sp yang menyebabkan infeksi.

Baca juga : Serupa tapi Tak Sama, Greget Mana Setelan Jas Hotman Paris atau Harry Styles?

Sejumlah maskara juga mengandung bahan kimia berbahaya. Pada beberapa orang yang sensitif, bahan itu menimbulkan iritasi yang cukup parah. Reaksi alergi ini akan menimbulkan peradangan pada kulit yang berpotensi menyebar ke area tubuh lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini