nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Sepetak Tanah, Pria Asal Malaysia Punya 80 Jenis Durian

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 298 2042464 dari-sepetak-tanah-pria-asal-malaysia-punya-80-jenis-durian-n0ZkgSG6CI.png Durian Merah (Foto: Asiaone)

DURIAN adalah salah satu buah yang terkenal karena kulitnya yang berduri dan memiliki bau menyengat. Meski demikian, buah yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat, bahkan beberapa jenis durian tertentu memiliki harga yang tidak masuk akal.

Berbicara mengenai buah yang satu ini, ada kisah seorang petani yang memiliki berbagai macam jenis durian di ladangnya. Lebih dari 30 tahun yang lalu, ayah Dr Abdul Aziz Zakaria memberinya sebidang tanah di Kelantan untuk dikelola sebagai kebun.

Aziz yang saat itu bekerja sebagai seorang dosen irigasi di Universiti Pertanian Malaysia (UPM) mulai mengikuti jejak sang ayah. Ia menanam durian pada 1988 sebagai salah satu dari hobinya. Hal tersebut ia lakukan sejak sang ayah menghadiahkan kebun seluas satu hektar tersebut kepadanya.

Baca juga :

Aziz yang saat itu bekerja sebagai seorang dosen irigasi di Universiti Pertanian Malaysia (UPM)

“Saya biasanya membawa bibit durian kembali ke ayah saya untuk ditanam. Pasalnya saya selalu membawa banyak klon durian ketika bekerja di UPM,” kenang Aziz, sebagaimana dilansir dari Asia One, Jumat (12/4/2019). 

Tak hanya itu, sang ibu juga memberikan Aziz sebidang tanah seluas dua hektar ditambah ia juga membeli sebidang tanah tambahan seluas tiga hektar. Hingga saat ini ketiga kebunnya berhasil menampung 70 hingga 80 jenis pohon durian.

Tak hanya itu, Aziz juga menanam 50 jenis buah lokal tradisional yang kurang dikenal oleh masyarakat seperti buah tampui, buah kerian, buah bacang dan buah tarap. Meski demikian durian tetap menjadi fokus Aziz sebagai petani.

Aziz bahkan pernah membawa duriannya satu per satu ke studio serta memotretnya untuk dimasukkan ke dalam katalog sesuai dengan varietas yang benar. Hingga saat ini Aziz berhasil mengumpulkan beberapa varietas durian langka seperti durian botak.

Sesuai dengan namanya, durian yang satu ini sama sekali tidak memiliki duri pada kulitnya. Lalau ada pula durian kura-kura yang sangat berharga dengan buahnya yang tumbuh pada batang pohon.

“Pohon durian ini hanya akan tumbuh di tempat teduh. Butuh sekira 20 tahun untuk berbuah jadi jika Anda berusia 60-70 tahun, jangan repot-repot menanamnya sekarang,” tutur Aziz.

Tak hanya itu, Aziz juga memiliki durio dulcis berwarna merah dan langka. ia mengaku varietas durian favoritnya adalah durio graveolens yang dagingnya berwarna merah atau oranye. Ia setidaknya memiliki 30 macam koleksi durian jenis ini.

“Favorit saya adalah yang berdaging merah, tetapu sekira 80 persen durian ini berwarna oranye yang merupakan warna yang menyeimbangkan,” lanjutnya.

Untuk mencari varietas durian, Aziz berkenalan ke seluruh Malaysia, Brunei dan negara-negara lainnya. Bertahun-tahun lalu, ia berhasil mendapatkan pengumpul durian kampung setempat untuk berbagi 30 dari 50 durian kampung yang ia kumpulkan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini